Beranda Gaya Hidup Ternyata Tidur dengan Selimut Tebal Bikin Tidur Jadi Berkualitas

Ternyata Tidur dengan Selimut Tebal Bikin Tidur Jadi Berkualitas

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Tidur dengan selimut membuat lebih nyaman dan cepat terlelap. Ternyata ada sedikit penjelasan ilmiah di balik mengapa selimut memberikan kenyamanan, terutama untuk orang-orang dengan gangguan kecemasan.

Bukan sembarang selimut pula, para peneliti dengan khusus menunjuk selimut yang cukup tebal dan bisa menutupi seluruh badan. Jadi, bukan selimut tipis atau yang berupa kain, ya.

Menurut peneliti, dengan menggunakan selimut tebal tersebut ada dua manfaat bagi pemakainya. Selimut tersebut melindungi diri Anda dari dinginnya malam dan yang kedua memberikan Anda ‘perlindungan’, yang memengaruhi kadar hormon serta meredakan kecemasan Anda.

Menurut sebuah penelitian di Journal of Alternative and Complementary Medicine, memiliki sesuatu yang menahan tubuh Anda di tempat tidur akan memberikan sensasi perlindungan. Hal ini secara tidak langsung menurunkan kadar kortisol dalam tubuh dan membuat tidur Anda tenang, tanpa gangguan bangun di malam hari.

Selain itu, selimut tebal juga memberikan efek seperti dipeluk. Pelukan secara alami membuat orang merasa lebih baik, karena membuat tubuh mereka melepaskan oksitosin, hormon yang membantu menurunkan tekanan darah, memperlambat jantung, dan membuat Anda merasa relaks.

Jika Anda mempertimbangkan untuk membeli selimut tebal, untuk membantu kecemasan Anda berkurang, pertimbangkan untuk mendapatkan selimut yang bobotnya 10 persen dari berat badan Anda, dan pastikan untuk membaca deskripsi produk dengan cermat sebelum memilih. Meskipun tampaknya tidak ada efek samping untuk menggunakan salah satu selimut ini, tidak pernah ada ide buruk untuk berbicara dengan dokter Anda terlebih dahulu. (Red)

Sumber : womentalk.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini