Beranda Pariwisata Ternyata Selain di Labuan Sampah Juga Menumpuk di Tempat Ini

Ternyata Selain di Labuan Sampah Juga Menumpuk di Tempat Ini

49
0
Bupati Pandeglang Irna Narulita bersama pejabat dan unsur muspida membersihkan sampah di Desa Teluk.

PANDEGLANG – Usai Bupati Pandeglang melakukan pembersihan sampah di Desa Teluk, Kecamatan Labuan, ternyata tumpukan sampah juga masih banyak ditemukan di sepanjang pantai dan muara yang berada di wilayah pesisir pantai.

Seperti yang dikatakan Hasan salah seorang warga Carita, ia menuturkan bahwa tumpukan sampah bukan hanya di Desa Teluk namun sampah banyak menumpuk juga di sepanjang Pantai Carita, Labuan, Tegal Papak, Sidamukti, Panimbang, Tanjung Lesung, hingga Sumur.

“Sepanjang Pantai Carita, Labuan, t
Tegal Papak, Sidamukti, Panimbang, Tanjung Lesung sampai sumur dan Ujung Kulon itu banyak sampah-sampah plastik yang tidak ditanggulangi,” kata pria yang akrab dipanggil Acong Balawista, Kamis (2/8/2018).

Bahkan kata Acong, tumpukan sampah yang paling banyak berada di Muara Carita. Hal itu disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat tentang kebersihan lingkungan, sehingga masyarakat masih membiasakan buang sampah ke aliran sungai dan mengotori laut.

“Bahkan yang sangat menyedihkan itu tumpukan sampah terlihat di sepanjang aliran Muara Carita. Ya itu di belakang Pasar Carita dan Kampung Pagedongan,” sambungnya.

Lebih lanjut Acong menyampaikan, sebenarnya dari pemerintah desa, dinas-dinas terkait, pelaku pariwisata dan stakeholder lain sudah ada upaya penyuluhan terhadap masyarakat dan wisatawan yang berkunjung agar membuang sampah pada tempatnya tidak ke bantaran sungai ataupun laut.

“Kami setuju dgn adanya Perda, Perbup yang dikatakan ibu bupati tadi pagi bahwa akan dikenakan sanksi denda bagi siapapun yang membuang sampah sembarangan, semoga Perda dan Perbup tersebut bisa berjalan, agar memberikan efek jera terhadap siapapun pelanggarnya,” tambahnya. (Med/Red)