Beranda Kesehatan Ternyata Pria Juga Punya Masa Subur

Ternyata Pria Juga Punya Masa Subur

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Jakarta – Nggak cuman wanita yang punya kalender khusus untuk menghitung masa subur mereka. Pria juga punya masa subur tersendiri yang terkait dengan beberapa faktor tertentu untuk meningkatkan kualitas sperma.

“Kalau laki-laki sebenarnya nggak ada masa subur secara spesifik. Cuman memang ada masa-masa di mana pada pagi hari, biasanya pria lebih bergairah jadi produksi spermanya juga makin bagus,” kata ahli kandungan dr Boy Abidin, dikutip dari Detikcom.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi kualitas sperma. Seperti pada jam 4 hingga 7 pagi adalah waktu paling ideal dalam melakukan aktivitas seksual untuk mendapatkan anak. Suhu pada buah zakar pria juga akan berpengaruh pada kualitas sperma.

“Pagi itu kita harapkan suhunya lebih dingin. Biasanya kan kalau pagi hari badan lebih fresh karena sudah beristirahat, sudah cukup tidur dan kualitas sperma akan jauh lebih baik,” tambahnya.

dr Boy melanjutkan, untuk melihat kualitas dan kuantitas sperma dilihat dari frekuensinya. Kualitas sperma yang ideal adalah dalam kurun waktu 3 hingga 5 hari sekali.

“Jangan mentang-mentang karena pengantin baru atau pengin hamil jadinya tiap hari atau sehari tiga kali. Ada frekuensinya juga,” tutupnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini