Beranda Kesehatan Ternyata Posisi Tidur Ini Paling Buruk Bagi Kesehatan 

Ternyata Posisi Tidur Ini Paling Buruk Bagi Kesehatan 

94
0
Ilustrasi - foto istimewa portalmadura.com

Tidur adalah salah satu cara paling ampuh untuk mengembalikan energi kita setelah seharian beraktivitas.

Namun banyak yang tidak menyadari, beberapa posisi tidur sebenarnya membahayakan kesehatan Anda. Seperti apa posisi tidur favorit Anda? Cek posisi tidur yang ternyata membahayakan kesehatan Anda.

1. Tengkurap

Baca Juga :
loading...

Posisi tidur ini ternyata merupakan posisi tidurterburuk. Menurut penulis buku A Life Less Stressed, Dr Ron Ehrlich posisi tengkurap adalah yang paling buruk. Posisi ini membuat otot-otot kepala, leher, dan rahang jadi tegang. Selain itu bisa membuat punggung dan tulang panggul terkilir. Pernapasan pun bisa terganggu karena posisi tengkurap ini membatasi kemampuan Anda untuk bernapas dengan baik saat tidur. Pakar pengobatan tidur Shelby Harris mengatakan tidur telungkup memberikan tekanan pada seluruh tubuh. Anda akan terbangun dengan kondisi mati rasa dan kesemutan yang bisa menimbulkan kemungkinan nyeri otot dan sendi.

2. Meringkuk

Pakar kesehatan tidur Elina Winnel mengatakan Anda perlu menghindari tertidur dalam posisi seperti janin di dalam kandungan ini. Menurutnya pada posisi ini menempatkan tubuh dalam posisi bertarung atau terbang. “Jika kita tidur dalam posisi ini, kita mungkin memberi sinyal pada sistem saraf kita bahwa kita sedang bertarung atau melarikan diri, dan bahwa tidak aman untuk tidur,” katanya.

3. Menyamping

Tidur menyamping dengan posisi tubuh miring ke kiri atau ke kanan ternyata lebih baik dari posisi meringkuk. Meski tubuh tertindih tapi Anda bisa menggunakan bantal di kepala dan di samping tubuh untuk menopang tubuh Anda saat tidur.

Menurut Dr Ehrlich dari perspektif struktural, neurologis, dan otot, serta untuk saluran pernapasan tidur menyamping lebih baik untuk tubuh. Posisi tidur ini juga baik untuk pencernaan, terlebih berbaring di sisi kiri, mengingat tempat kerongkongan masuk ke perut. (Red)

Sumber : womentalk.com

loading...