Beranda Gaya Hidup Ternyata Mencuci Piring Bisa Bantu Turunkan Kadar Stres

Ternyata Mencuci Piring Bisa Bantu Turunkan Kadar Stres

Ilustrasi - foto istimewa hellosehat.com

Sebuah studi baru yang dilakukan oleh Florida State University (FSU) mengungkapkan mencuci piring bisa membantu menurunkan kadar stres.

Adam Handley, kandidat doktorat di FSU College of Education’s Counseling menyatakan bahwa ia dan kawan-kawannya tertarik dengan aktivitas sehari-hari dapat digunakan untuk meningkatkan kondisi mindfulness atau fokus dan meningkatkan rasa kesejahteraan secara keseluruhan.

Para peneliti menemukan bahwa mereka yang mencuci piring dan melakukannya dengan fokus, seperti membaui sabunnya, merasakan suhu air, dan menyadari menyentuh piring ataupun gelas yang dicuci, meningkatkan inspirasi mereka sekitar 25 persen dan menurunkan rasa gugup mereka sebanyak 27 persen.

“Sedangkan pada mereka yang mencuci piring asal-asalan tidak mendapatkan manfaat apapun dari kegiatan tersebut. Rupanya aktivitas sehari-hari jika dilakukan dengan niat dan secara sadar dapat memperbaiki tingkat fokus,” tulis studi tersebut, dikutip dari detik.com.

Studi ini dilakukan hanya dengan peserta yang kecil, yakni 51 orang. Namun para peneliti menegaskan bahwa fokus saat melakukan kegiatan dapat dicapai lewat beragam kegiatan umum dan kemungkinan menurunkan stres serta meningkatkan kesehatan psikologis. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini