Beranda Gaya Hidup Ternyata Anak SMA yang Tak Kenal Pacaran Lebih Sehat

Ternyata Anak SMA yang Tak Kenal Pacaran Lebih Sehat

Ilustrasi - foto istimewa hellosehat.com

Studi selama beberapa dekade melihat adanya hubungan antara pacaran dengan proses pengembangan identitas seorang remaja beranjak dewasa.

Terkait hal tersebut peneliti juga menyadari tidak semua orang pacaran di masa remajanya. Apakah berarti orang-orang yang tidak pacaran tersebut berbeda dengan yang lain?

Menurut studi terbaru yang terbit di Journal of School Health tidak ada perbedaan tumbuh kembang berarti antara remaja pacaran dengan yang tidak. Peneliti Brooke Douglas dari University of Georgia malah menemukan kecenderungan remaja yang tidak pacaran lebih sehat mental karena tingkat depresi rendah.

Brooke mengatakan studinya bisa dipakai untuk menangkal pemahaman yang beredar luas selama ini bahwa remaja harus pacaran.

“Remaja yang tidak pacaran kompetensi sosialnya tidak kekurangan, tetap punya teman. Sama seperti remaja pacaran,” kata Brooke seperti dikutip dari detik.com.

Batasan dari studi peneliti hanya mengandalkan survei wawancara yang berisiko bias. Responden anak sekolah tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) mungkin tidak nyaman melaporkan topik sensitif seperti masalah depresi dan bunuh diri.

Brooke sendiri menjelaskan kalau studi jangan ditanggapi sebagai saran agar para remaja tidak usah pacaran. Melajang hanya satu pilihan yang bisa diambil dan hal tersebut tidak berarti membuat seorang remaja aneh atau terhambat secara sosial.

“Studi menegaskan bahwa tidak apa-apa kalau kamu memutuskan untuk pacaran atau tidak. Keduanya dapat diterima dan sehat,” pungkas Brooke.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini