Beranda Peristiwa Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Tangerang Diterjang Banjir

Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Tangerang Diterjang Banjir

Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang terendam banjir - foto istimewa

TANGERANG –  Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Kota Tangerang terendam banjir. Curah hujan yang tinggi dan buruknya serapan air diduga jadi penyebab banjir.

Senior Manager Branch Communication dan Legal Bandara Soetta, Holik Muardi membenarkan Area dock Terminal 3 Bandara Soetta terendam.

Meski demikian, ia menegaskan bila Bandara Soetta bukanlah banjir namun hanya genangan air.

“Genangan (bukan banjir),” kata Holik melalui pesan singkat seperti melansir suara.com (jaringan BantenNews.co.id), Selasa (22/12/2021).

Dia menuturkan bahwa peristiwa banjir itu terjadi pukul 13.00 WIB. Kata dia penyebabnya terjadi genangan tersebut karena debit air di saluran utama meninggi, hal ini mengakibatkan air menjadi lambat.

“Diduga adalah karena debit air di saluran utama (saluran induk) meninggi, sehingga buangan air menjadi lambat. Kami saat ini sedang menginvestigasi faktor yang menyebabkan saluran air utama meninggi,” ucapnya.

Dalam peristiwa itu, Holik mengungkapkan, ketinggian air yang menggenangi area loading dock di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta itu sempat mencapai ketinggian 40 centimeter (cm). Meski demikian, untuk pelayanan penumpang beraktifitas normal.

“Layanan kepada penumpang tidak terganggu, di mana genangan air sekitar 40 cm terjadi di area loading dock yang merupakan area terendah di Terminal 3 Internasional,” katanya.

“Area loading dock adalah area terbatas dan hanya dapat diakses oleh orang yang telah mendapat perizinan, sehingga tidak dilalui oleh penumpang atau pengunjung bandara,” tambahnya.

Dalam kesempatannya, Holik menerangkan, genangan air tersebut sudah surut dalam waktu 25-30 menit. Setelah pihaknya melakukan penyedotan dengan mobile pump berkapasitas 4.000 liter/menit.

“Genangan air tersebut sudah surut dalam waktu 25-30 menit setelah dilakukan penyedotan dengan mobile pump berkapasitas 4.000 liter/menit,” tandasnya.

(Red)