Beranda Kesehatan Terhindar dari Covid-19 Dimulai dari Diri Sendiri

Terhindar dari Covid-19 Dimulai dari Diri Sendiri

Ketua Kubah Budaya Eka Ugi Sutikno.

SERANG – Ketua Komunitas untuk Perubahan Budaya (Kubah Budaya) Eka Ugi Sutikno merasakan dampak pandemi Covid-19 dalam menjalankan program komunitas. Jika sebelum pandemi, pertemuan langsung dalam diskusi atau kongko menjadi daya tarik komunitas untuk bersama mengembangkan pengetahuan, saat ini hal itu tidak lagi bisa dilakukan.

Media sosial yang bersifat virtual memang ia akui dapat sedikit membantu komunikasi. Namun di sisi lain, pertemuan melalui ruang virtual kurang terasa hangat sebagaimana pertemuan biasanya.

“Memang situasinya sudah tidak seperti dulu sebelum pandemi. Sekarang semua dilakukan melalui daring. Meski ada komunikasi tapi terasa kurang terasa sense of belonging (rasa memiliki) atau humanity nya,” kata Ugi kepada BantenNews.co.id, Kamis (1/10/2020).

Kendati demikian, ia mengaku tetap menjalankan protokol kesehatan di tengah situasi yang membingungkannya. Sengkarut informasi mengenai wabah Covid-19 mulai dari konspirasi, semacam fiksi hingga isu medis menjadikan masyarakat bingung.

Di tengah situasi semacam itu, ia mengambil sikap untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Alasannya, virus yang tak terlihat tersebut bisa saja menghinggapi siapa saja. “Tidak ada ruginya menerapkan protokol kesehatan. Itu kan sederhana untuk dilakukan, mencuci tangan, memakai masker dan menghindari kerumunan. Setiap orang bisa melakukannya dan memulai dari diri masing-masing,” kata Ugi.

Terlepas dari sengkarut informasi mengenai pandemi Corona, ia memercayakan pada pihak medis yang kini sedang bertungkus lumus berjuang melawan pandemi. “Mengikuti anjuran pemerintah itu mudah. Minimal dimulai dari diri sendiri,” ujarnya. (you/red/SG)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini