Beranda Kesehatan Terasa Mulas Saat Minum Kopi, Mungkin Ini Penyebabnya

Terasa Mulas Saat Minum Kopi, Mungkin Ini Penyebabnya

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Ada banyak kemungkinan penyebab perut mulas seusai minum kopi.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa di antaranya.

1. Efek kafein

Diketahui, kafein dalam kopi memiliki efek stimulansia atau pembangkit energi. Termasuk bagi usus, kafein diyakini juga bisa merangsang pergerakan yang lebih cepat. Kontraksi usus yang lebih intens mendorong kotoran sehingga rasa ingin buang air besar makin tidak tertahankan.

2. Membunuh bakteri usus

Riset pada tikus mengkonfirmasi bahwa kafein bukan satu-satunya penyebab perut mulas. Faktanya, efek buang air besar sehabis minum kopi juga terjadi pada tikus-tikus yang diberi kopi tanpa kafein alias decaffeinated. Diyakini berhubungan dengan efek kandungan kopi terhadap biota usus.

3. Faktor hormon

Kandungan tertentu dalam kopi juga berpengaruh pada sistem hormonal. Salah satu hormon yang meningkat kadarnya sehabis minum kopi adalah gastrin, yang efeknya sama seperti kafein yakni merangsang pergerakan usus.

4. Susu

Ada kalanya, bukan kopi yang menyebabkan perut mulas, melainkan kandungan lain yang ditambahkan dalam kopi. Salah satunya adalah susu, yang kandungan laktoasnya bagi banyak orang memang sangat berpengaruh pada sistem pencernaan. (Red)

Sumber : detik.com

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ