Beranda Kesehatan Tenaga Kesehatan Puskemas Labuan Positif Covid-19, Layanan Ditutup

Tenaga Kesehatan Puskemas Labuan Positif Covid-19, Layanan Ditutup

Seluruh layanan di Puskemas Labuan dihentikan sementara karena sedang dilakukan penyemprotan disinfektan oleh petugas - (Memed/BantenNews.co.id)

PANDEGLANG – Satu orang tenaga kesehatan (Nakes) di Puskesmas Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang terkonfirmasi positif Covid-19. Akibatnya seluruh layanan kesehatan di Puskesmas Labuan ditutup sementara.

Kepala Puskesmas Labuan, Angga Iskandar Winata mengatakan, penutupan seluruh layanan puskesmas dikarenakan ada salah satu karyawannya yang terkonfirmasi positif Covid-19. Oleh karena itu, layanan puskemas dihentikan sementara karena akan dilakukan penyemprotan disinfektan.

“Kami menerima hasilnya kemarin, tapi yang bersangkutan sudah melakukan isolasi pemeriksaan hasil lab dari akhir bulan kemarin. Sesuai prosedur kita lakukan penyemprotan disinfektan semua ruangan,” jelas Angga, Kamis (10/12/2020).

Dia menjelaskan, pelayanan sempat di tutup pada Rabu (9/12/2020) kemarin namun hanya untuk Unit Gawat Darurat (UGD) saja. Namun hari ini semua pelayanan terpaksa ditutup karena sedang dilakukan penyemprotan disinfektan dan baru akan dibuka kembali pada Jumat (11/12/2020) besok.

Kata dia, bila ada masyarakat yang membutuhkan layanan emergency sementara ini dialihkan atau dirujuk ke klinik atau Puskesmas terdekat. Pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan mengenai hal ini.

“Hari ini doang, besok juga sudah operasional lagi. Kasihan masyarakat kalau terlalu lama. Kita cukup satu hari karena hanya penyemprotan disinfektan ruangan saja karena orang-orangnya tidak banyak yang sakit. Kecuali kalau misalnya karyawan kita banyak dan kita kekurangan petugas, baru,” katanya.

Sementara itu, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Pandeglang, Achmad Sulaeman menyampaikan, saat ini yang bersangkutan sudah melakukan isolasi mandiri karena yang bersangkutan termasuk kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

Selain itu, tim gugus tugas juga sudah melakukan uji Swab dan mengambil spesimen ke beberapa petugas yang bekerja di puskesmas tersebut. Kemungkinan hasilnya baru bisa diketahui dalam beberapa hari ke depan.

“Untuk orang yang terkonfirmasi positif ini kami lakukan isolasi mandiri karena tidak ada gejala jadi yang bersangkutan masih ada di rumah, kemungkinan minggu depan sudah balik lagi ke puskemas

Pria yang akrab disapa Sule ini berharap, dalam beberapa hari ke depan kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Pandeglang tidak mengalami penambahan yang signifikan karena mengingat hingga saat ini kasus terkonfirmasi sudah ada sebanyak 386 orang.

“Saat ini yang terkonfirmasi ada 386 orang, dalam minggu ini trennya agak mendatar tapi kita lihat munggu depan karena hasil Swabnya akan keluar lagi dalam waktu dekat, mungkin siang ini bisa keluar hasil Swabnya. Mudah-mudahan enggak meledak ya,” harapnya.

(Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini