Beranda Gaya Hidup Teman Nyaman Curhat denganmu? Mungkin Kamu Berkarakter Seperti Ini

Teman Nyaman Curhat denganmu? Mungkin Kamu Berkarakter Seperti Ini

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Curhat itu bukan cuma soal asal cerita, mengeluh, atau mengekspresikan perasaan pada orang lain. Karena gak semua orang bisa jadi tempat curhat yang baik.

Maka beruntunglah kamu jika teman-temanmu, pasanganmu, atau anggota keluargamu sering curhat padamu. Mengapa? Sebab artinya 7 karakter berkualitas ini ada padamu.

1. Kamu bisa dipercaya





Hanya orang-orang yang bisa dipercaya sajalah yang sering dijadikan tempat curhat. Apalagi lebih dari satu kali dan membahas topik yang sensitif dan bersifat rahasia. Jika orang itu “bocor” dan apa-apa yang dicurhatkan disebar, maka artinya orang tersebut gak bisa dipercaya.

Karena itu, jika temanmu curhat padamu berkali-kali dan bahkan membahas masalah-masalah yang gak dia ceritakan pada orang lain selain kamu, maka selamat, artinya kamu adalah orang yang bisa dipercaya.

2. Kamu mampu jaga rahasia

Masih berkaitan dengan poin nomor 2, orang-orang yang bisa dipercaya biasanya adalah orang yang bisa jaga rahasia. Sekali lagi, kalau orang tersebut suka menyebar rahasia yang diceritakan kepadanya, artinya dia gak bisa jaga rahasia dan gak bisa dipercaya.

3. Kamu punya empati yang tinggi

Empati adalah kemampuan untuk merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain. Karena keberadaan empati inilah kamu jadi bisa lebih memahami masalah dari sudut pandang orang yang curhat padamu. Karenanya, kamu jadi gak cenderung nge-judge atau meremehkan masalah yang dicurhatkan padamu.

4. Kamu adalah pendengar yang baik

Sering kali alasan orang curhat adalah untuk didengar. Gak melulu bertujuan mencari solusi, sebagian orang curhat untuk bisa meluapkan perasaan dan pikiran yang selama ini ditahan.

Pengekspresian pribadi ini bisa saja gagal kalau yang dicurhatin bukan pendengar yang baik. Alih-alih mendengarkan curhatan, malah dia sendiri yang curhat masalah pribadinya.

5. Kamu punya kemampuan problem solving yang baik

Jika sebagian orang cuma butuh seseorang untuk mendengarkan masalahnya, sebagian lagi curhat untuk menemukan solusi atas masalah yang dihadapinya.

Untuk orang-orang seperti ini, keberadaan dirimu tentu sangat penting. Karena artinya, kamu dipandang sebagai seseorang yang memiliki kemampuan problem solving yang baik. Dan saran-saranmu sangat berguna bagi penyelesaian problemnya.

6. Kamu adalah salah satu orang terdekat bagi dia yang curhat padamu

Ada sebagian orang yang sangat tertutup dan introvert sehingga membuatnya jarang menceritakan masalahnya pada orang lain. Jika orang dengan karakter seperti ini curhat padamu, artinya kamu adalah salah satu orang yang paling dekat dengannya. Kamu juga dianggap sebagai salah satu orang yang paling dia percaya dan penting baginya.

7. Kamu memiliki kepribadian yang dewasa

Jika seseorang yang dijadikan tempat curhat itu kekanak-kanakan, maka bisa jadi “sesi” curhat tersebut gagal total. Sebaliknya, kamu yang sering dijadikan tempat curhat oleh orang lain artinya memiliki pribadi yang dewasa.

Dianggap ngemong, kamu adalah figure yang dipandang mempunyai pandangan yang luas, gak kaku, dan gak nge-judge.

Menjadi tempat curhat bagi orang lain menandakan bahwa kita memiliki karakter-karakter yang berkualitas. Namun, bukan berarti seseorang yang biasa jadi tempat curhat gak boleh curhat juga. Sebab gak ada seorang pun yang gak punya masalah dan gak butuh tempat curhat. (Red)

Sumber : IDN Times