Beranda Pemerintahan Tekan Pengangguran, Disnaker Kabupaten Tangerang Kini Punya Aplikasi SiapKerja

Tekan Pengangguran, Disnaker Kabupaten Tangerang Kini Punya Aplikasi SiapKerja

Ilustrasi - foto istimewa google.com

TANGERANG – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang kini punya platform digital bagi layanan publik dan aktivitas di bidang ketenagakerjaan Kabupaten Tangerang, bernama Sistem Aplikasi Pelayanan Ketenagakerjaan (SiapKerja). Aplikasi ini sebagai upaya menekan angka pengangguran di Kabupaten Tangerang.

“Dengan aplikasi SiapKerja, kami berupaya untuk menjembatani para pencari kerja mendapatkan pekerjaan dan juga penyedia lapangan kerja untuk mendapatkan tenaga kerja yang tepat, melalui satu pintu,” ujar Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kabupaten Tangerang, Iis Kurniati melalui keterangannya, Sabtu (16/10/2021).

Aplikasi SiapKerja yang akan digunakan ini merupakan pengembangan dari Aplikasi yang dibuat pada tahun 2020.

Pihaknya juga sudah memberikan sosialisasi terkait aplikasi SiapKerja. Para peserta diberikan materi seputar informasi pengoperasian aplikasi, mulai dari pembuatan akun hingga penginformasian lowongan kerja dan fitur-fitur lainnya.

“Fitur-fitur yang ada pada aplikasi SiapKerja akan memudahkan perusahaan dan juga BKK dan LPK yang merupakan perpanjangan tangan bagi Disnaker, yang mungkin sebelumnya harus mengurus secara langsung sekarang dapat dilakukan secara online,” ujarnya.

Salah satu fitur, yakni layanan bagi perusahaan untuk mendaftarkan laporan keberadaan Tenaga Kerja Asing (TKA) dan pendampingnya secara online.

Tak hanya para penyedia lapangan kerja yang mendapat kemudahan, dalam aplikasi SiapKerja ini pun masyarakat dimudahkan dengan layanan membuat kartu tanda pencari kerja (AK1) secara online yang dapat langsung dicetak sendiri di rumah masing-masing.

Iis berharap dengan adaya aplikasi SiapKerja ini dapat memasilitasi kebutuhannya masyarakat mengenai pelayanan ketenagakerjaan serta dapat membantu para pencari kerja untuk mendapatkan pekerjaan sehingga angka pengangguran di Kabupaten Tangerang dapat menurun dan angka penempatan itu dapat meningkat.

(Man/Red)