Beranda Peristiwa Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, RSUD Balaraja Gelar Hospital Touring Pelayanan...

Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi, RSUD Balaraja Gelar Hospital Touring Pelayanan Maternal dan Neonatal

Foto istimewa

TANGERANG – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Balaraja mendukung program nasional untuk penurunan angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Tangerang. Program ini dilakukan melalui kegiatan pendampingan Puskesmas di wilayah Kabupaten Tangerang.

Kegiatan yang dilakukan berupa sosialisasi dan hospital touring pelayanan maternal dan neonatal di RSUD Balaraja sebagai rumah sakit rujukan untuk wilayah barat Kabupaten Tangerang.

Direktur RSUD Balaraja, dr. Reniati menyampaikan kegiatan pendampingan kasus maternal dan neonatal tidak terbatas pada pelaksanaan kali ini saja, namun RSUD Balaraja terus melakukan upaya berkelanjutan.

“Upaya itu berupa mentoring, On Job Training (OJT), serta pemberian konsultasi oleh Dokter Spesialis Obgyn dan Dokter Spesialis Anak pada kasus kegawatdaruratan di Puskesmas,” ujarnya.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Selasa (12/7) lalu dan Selasa (19/7) kemarin, diikuti oleh perwakilan dari 21 Puskesmas di wilayah barat Kabupaten Tangerang. Kegiatan ini juga difasilitasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang.

Dia menerangkan, Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan rumah sakit sama-sama berperan penting dalam upaya mendukung penurunan angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Tangerang.

“Hal ini pun sesuai dengan semboyan Rumah Sakit Umum Daerah Balaraja, yakni “Bersama Kita Pasti Bisa”. Oleh karena itu kami (RSUD Balaraja) siap untuk membantu jika adanya rujukan kasus-kasus maternal atau neonatal yang dirujuk oleh Puskesmas,” jelasnya.

(Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini