Beranda Kesehatan Tegakkan Protokol Kesehatan, Petugas Gabungan Gelar Razia di Cilegon

Tegakkan Protokol Kesehatan, Petugas Gabungan Gelar Razia di Cilegon

Satlantas Polres Tangerang membagikan masker. (Ist)

CILEGON – Petugas gabungan yang terdiri dari Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Banten bersama Polisi, TNI dan, Dinas Perhubungan (Dishub) melakukan operasi penegakan disiplin protokol kesehatan (Prokes) di Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Kotabumi, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, Rabu (2/12/2020).

Dalam razia itu para pengendara kendaraan bermotor yang melanggar prokes seperti tidak menggunakan masker serta berdekatan di dalam kendaraan disanksi oleh aparat gabungan tersebut dengan sanksi sosial serta teguran.

Pejabat Fungsional Dinas Satpol PP Provinsi Banten, Ahamd Thohir Apdani mengatakan, operasi itu dilakukan dalam penegakan Peraturan Gubernur Nomor 38 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Protokol Kesehatan.

“Posisinya Cilegon kembali zona merah, harus ada upaya lebih dari semua aparatur termasuk kesadaran masyarakat  untuk betul-betul patuh terhadap protokol kesehatan agar pandemi berakhir,” ujar Thohir di sela-sela kegiatan.

Dijelaskan Thohir, dengan adanya operasi ini diharapkan tingkat kepatuhan masyarakat terhadap prokes semakin meningkat sehingga terjadi perubahan prilaku masyarakat dalam beraktifitas sehari-hari.

“Karena kalau perubahan prilaku tidak muncul, sekeras apapun upaya yang dilakukan aparatur akan menemui banyak kendala. seluruhnya harus memiliki kesadaran agar pandemi berakhir,” paparnya.

Terkait sanksi, pada operasi tersebut, petugas gabungan mengganjar sanksi ringan berupa teguran tertulis dan lisan, serta sanksi sosial dengan cara membersihkan sampah di sekitar lokasi operasi.

“Belum sanksi tegas berupa denda karena kami sadar perekonomian masyarakat belum stabil,” ujarnya.

Sementara itu Kaur Penum Humas Polda Banten, AKP Pupu Saripudin menjelaskan Polda Banten mendukung seluruh rangkaian upaya pemerintah dalam penegakan disiplin protokol kesehatan.

“Kembali ke disiplin masyarakat, kalau masyarakat tidak tidak disiplin upaya pencegahan yang dilakukan oleh aparatur secara terus menerus pun tidak berdampak maksimal,” paparnya.

(Man/Red/SG)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini