Beranda Pariwisata Tasyakuran Laut Jadi Destinasi Bahari di Pandeglang

Tasyakuran Laut Jadi Destinasi Bahari di Pandeglang

Tasyakura laut atau yang dinamakan Naderan merupakan sebuah tradisi yang dilakukan secara turun temurun oleh para nelayan - foto istimewa

PANDEGLANG – Tasyakuran laut atau yang dinamakan Naderan merupakan sebuah tradisi yang dilakukan secara turun temurun oleh para nelayan di Desa Sidamukti Ķecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang.

Menurut Bupati Pandeglang, Irna Narulita mementum ini menjadi destinasi bahari yang dapat menarik minat wisatawan.

“Ini akan meningkatkan perekonomian masyarakat Sidamukti, berbagai kegiatan dilaksanakan selama satu bulan, bukan hanya warga setempat yang datang tapi dari luarpun akan ikut memeriahkan”, ujar Irna saat meresmikan acara Tasyakuran Laut di Desa Sidamukti, Kecamatan Sukaresmi, Minggu(14/8/2022).

Pada kegiatan Tasyakuran Laut atau Pesta Laut ini banyak kegiatan yang dilaksanakan selama satu bulan. Tentu ini kata Irna, dapat memicu minat pengunjung untuk menyaksikan kegiatan yang dadakan pada kesempatan tersebut.

“Saya yakin yang datang saat ini bukan hanya warga desa sidamukti, namun warga luar yang penasaran ingin menyaksikan kegiatan tahunan ini”, ujarnya.

Menurutnya, tradisi Naderan atau Pesta Laut atau Tasyakuran Laut walaupun sebuah tradisi, namun bisa dimaknai sebagai wujud syukur kepada Allah.SWT atas sumberdaya alam yang dilimpahkan.

“Kita niatkan rasa syukur kepada Allah atas apa yang kita dapat”, terangnya.

Sementara Camat Sukaresmi, Windu mengakan, kegiatan yang di laksanakan adalah kegaiatan 2 tahun sekali, sehingga antusias masyarakat sangat terlihat ditambah lagi tahun lalu kegiatan ini ditiadakan karena pandemi Covid-19.

“Porkopim Kecamatan Panimbang sangat mendukung kegiatan Naderan atau Ruat Laut ini, dan saya sendiri selaku camat merasa bangga kepada masyarakat nelayan yang sudah mengadakan kegaiatan ini dengan iuran untuk pendanaannya, ini adalah bukti kebersamaan para nelayan, kamipun ikut juga berpartisipasi membantu kelangsungan acara ini,” paparnya

Masih kata Windu, acara puncak akan ada Larung Samudra atau pawai Kapal nelayan yang dirias dengan membawa berbagai sesajen ke tengah laut, hal itu menurutnya akan menarik para wisatawan lokal maupun dari luar Daerah.

“Bahkan sering juga wisatawan asing yang berkunjung hanya ingin menyaksikan acara ruat laut atau Naderan ini, semoga acara ini lancar dan sukses,” ujarnya.

(Red)