Beranda Pemerintahan Tarik Investor, Pemkab Pandeglang Kembali Revisi RTRW

Tarik Investor, Pemkab Pandeglang Kembali Revisi RTRW

Suasana acara Konsultasi Publik Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Pandeglang Tahun 2011-2031 di Oproom Sekretariat Daerah, Kamis (13/12/2018).

PANDEGLANG – Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Pandeglang Tahun 2011-2031 kembali dilakukan untuk mendorong para investor yang akan menanamkan modal di Pandeglang.

Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban menyampaikan, dengan revisi tersebut akan tergambar tata ruang wilayah yang baru untuk sektor pertanian, perikanan, industri dan lain sebagainya di Kabupaten Pandeglang.

“Revisi ini untuk mengakomodir kebijakan pemerintah yang belum masuk dalam RTRW lama, serta Proyek Strategis Nasional dan Rencana Investasi yang berkembang dan tumbuh dengan cepat,” ujar saat membuka acara Konsultasi Publik Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Pandeglang Tahun 2011-2031 di Oproom Sekretariat Daerah, Kamis (13/12/2018).

Tanto mengatakan, rancangan  RTRW ini nantinya harus berazaskan keadilan bagi seluruh masyarakat dan investor. Artinya  seluruh masyarakat dan investor harus memiliki kesempatan yang sama dalam berinvestasi, kesempatan yang sama dalam berusaha.

“Jangan sampai hanya dikuasai oleh segelintir orang atau pengusaha, yang pada akhirnya akan kembali muncul konflik kepentingan,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pandeglang, Kurnia Satriawan menjelaskan tujuan penataan ruang di Kabupaten Pandeglang adalah mewujudkan ruang wilayah kabupaten sebagai pusat agroindustri dan pariwisata di Provinsi Banten.

Lanjut Kurnia, revisi RTRW ini untuk mengakomodir proyek strategis nasional, seperti Jalan Tol Serang-Panimbang, Reaktifasi Kereta Api dan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung.

“Nantinya akan terakomodir zona-zona tertentu, salah satunya adalah zona industri yang akan ditempatkan pada daerah Pintu Tol Keluar yaitu wilayah Kecamatan Bojong, Cikeusik, Panimbang, Pagelaran, dan Sukaresmi,” imbuhnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini