Beranda Peristiwa Tarif Ojek Online Naik, Konsumen Bakal Kembali ke Kendaraan Pribadi

Tarif Ojek Online Naik, Konsumen Bakal Kembali ke Kendaraan Pribadi

Foto istimewa

Jakarta – Wacana menaikkan tarif ojek online (ojol) oleh pemerintah diprediksi akan membuat konsumen ojol lari ke kendaraan pribadi. Soalnya, konsumen transportasi berbasis aplikasi ini sangat sensitif terhadap harga.

“Konsumen ojek online sangat sensitif terhadap harga. Baru setelah itu kenyamanan,” ujar Ketua Tim Peneliti RISED (Research Institute of Socio-Economic Development) Rumayya Batubara, di Menteng, Jakarta Pusat, yang dikutip detik.com, Senin (11/2/2019).

Hal itu bukan tanpa alasan, sebab dari hasil survei RISED yang melibatkan sebanyak 2.001 responden, akan terjadi penurunan permintaan konsumen mencapai lebih dari 70 persen apabila terjadi lonjakan tarif ojek online yang signifikan.

Dari hasil survei RISED, menyimpulkan bahwa jarak tempuh rata-rata konsumen adalah 8,8 km/hari. Dengan jarak tempuh sejauh itu, jika ada kenaikan tarif dari Rp 2.200 km (asumsi tarif tertinggi saat ini) menjadi Rp 3.100/km (naik Rp 900/km), maka pengeluaran konsumen bertambah jadi Rp 7.920/hari.

“Bertambahnya pengeluaran sebesar itu akan ditolak kelompok konsumen yang tidak mau mengeluarkan biaya tambahan sama sekali, dan yang hanya ingin keluar biaya tambahan kurang dari Rp 5.000/hari. Total persentasenya mencapai 71,12 persen,” lanjut Rumayya.

Jika kenaikan tarif ojek online tersebut benar-benar terjadi, maka berpotensi menurunkan pendapatan para mitra driver ojek online.

“Keuntungan besar awalnya memang akan didapat para driver ojek online. Tapi hanya jangka pendek, paling sebulan hingga dua bulan saja,” kata Ekonom Universitas Indonesia Fithra Faisal.

Setelah itu, permintaan konsumen akan transportasi ojek online diprediksi menurun signifikan. “Konsumen dapat dengan mudah kembali menggunakan kendaraan pribadi sepenuhnya apabila tarif ojol naik signifikan. Yang dikhawatirkan pengguna motor atau mobil pribadi akan bertambah banyak,” terang Rumayya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini