Beranda Olahraga Tari Kolosal Khas Kota Serang Warnai Pembukaan Popda X Banten

Tari Kolosal Khas Kota Serang Warnai Pembukaan Popda X Banten

Pembukaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) X Banten yang berlangsung di Stadion Maulana Yusuf, Ciceri, Kota Serang

SERANG – Pembukaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) X Banten yang berlangsung di Stadion Maulana Yusuf, Ciceri, Kota Serang pada Senin (6/6/2022) berlangsung semarak dengan tarian khas kolosal Kota Serang.

Berbagai sajian menarik tersaji di pembukaan pesta olahraga pelajar terbesar di Provinsi Banten tersebut. Awalnya para pejabat dari seluruh kabupaten/kota se-Banten, undangan dan lain-lain disuguhkan tarian kolosal khas Kota Serang selaku tuan rumah.

Lalu ada penampilan defile delapan kabupaten/kota dan pembukaan pun langsung dilakukan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar dengan memencet sirine dan penerbangan ratusan balon ke udara.

Di Popda X Banten sendiri, diikuti 1.675 atlet, 449 pelatih, 105 ofisial, sehingga total peserta mencapai 2.229 orang.

Event Popda X Banten ini pun menjadi pelepas dahaga kompetisi di Banten, setelah beberapa tahun lalu terhenti akibat pandemi virus corona atau Covid-19. Mengingat, Popda X Banten menjadi multi event pertama yang diselenggarakan di Banten setelah masa pandemi.

Pj Gubernur Banten, Al Muktabar mengatakan, Popda X Banten diharapkan dapat dimaknai sebagai kebangkitan Banten untuk mengisi pembangunan.

“Terutama karena beberapa waktu lalu kita mengalami pandemi virus corona yang sudah mulai mereda. Oleh karenanya, momen-momen seperti itu (Popda X Banten,red) akan selalu digiatkan oleh pemerintah,” ucapnya.

Sedangkan Walikota Serang Syafrudin menyampaikan, Kota Serang sebagai tuan rumah memasang target untuk menjadi juara umum.

“Kami berharap atlet Kota Serang mendapat juara umum,” katanya.

Bahkan, pemerintah Kota (Pemkot) Serang akan memberikan kadeudeuh bagi atlet bila berhasil menyabet titel tersebut. Hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi dan motivasi para atlet agar semangat dalam mengikuti perlombaan.

“Tentu akan kami apresiasi, Insya Allah nanti kami bicarakan ke Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Kadisparpora),” tuturnya.

Dia pun menjelaskan, pelaksanaan Popda sebelumnya akan dilaksanakan pada 2019 lalu, namun karena adanya pandemi Covid-19, diundur dan dimulai tahun 2022.

“Alhamdulillah Kota Serang sebagai tuan rumah, dan ini menjadi salah satu peningkatan prestasi bagi para atlet. Semoga pada kesempatan sekarang para atlet bisa meraih prestasi puncak,” ujarnya.

Senada diungkapkan Wakil Walikota Serang Subadri Ushuludin. “Saya ingin atlet Kota Serang bisa jadi jawara. Kita sebagai tuan rumah tentunya mengharapkan sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi, maka saya berharap agar Kota Serang bisa menjadi juara umum,” ujarnya.

(Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini