Beranda Pemerintahan Target Juara MTQ Nasional, LPTQ Banten Diminta Fokus Pembinaan Qori dan Qoriah...

Target Juara MTQ Nasional, LPTQ Banten Diminta Fokus Pembinaan Qori dan Qoriah  

Suasana audensi Sekda Al Muktabar dengan jajaran pengurus LPTQ Banten di Aula Setda, KP3B, Curug, Kota Serang, Kamis (13/06/2019).

SERANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Banten, Al Muktabar berharap Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Banten fokus terhadap pembinaan qori dan qoriah yang akan dipersiapkan pada ajang Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tahun 2020 mendatang. Sekda masih optimis Banten akan kembali merebut juara umum MTQ Nasional.

“LPTQ Banten mempunyai berbagai program, kalau bapak-bapak setuju kita fokuskan pada pembinaan kafilah, kita lakukan pembinaan-pembinaan kepadakafilah banten untuk meraih kembali juara umum yang pernah kita raih,” ujar Sekda  yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Umum LPTQ Banten, saat melakukan audensi dengan jajaran pengurus LPTQ Banten di Aula Setda, KP3B, Curug, Kota Serang, Kamis (13/06/2019).

Menurut Sekda, Banten dikenal sebagai daerah yang memiliki qori-qoriah terbaik nasional, namun begitu jika seleksi dan pembinaan yang dilakukan tidak fokus maka Banten akan kembali gagal menjadi juara umum. Ia mengharapkan pengurus LPTQ untuk membuat program-program yang lebih kongkret.

“Kalau perlu kita undang juara MTQ tingkat internasional. Kita berikan mereka fasilitas di Banten, agar mereka memberikan kiat-kiatnya sehingga mereka menjadi juara, kita bisa diterapkan kepada qori maupun qoriah Provinsi Banten,” ucap Sekda.

Sekda menambahkan Pemprov Banten sangat mendukung penuh program dan rencana kerja LPTQ Banten baik dari sisi anggaran maupun fasilitas lainnya.

“Bila bapak-bapak berkenan kita coba masuk pada  skema Corporate Social Responsibility (CSR), banyak perusahaa-perusahaan di Provinsi Banten. Mari kita sama sama melakukan koordinasi hal tersebut, kenapa tidak kita lakukan kalau untuk kebutuhan umat,” tegas Sekda.

Ketua Harian LPTQ Provinsi Banten, Syibli Syarjaya menjelaskan tujuan utama kedatangan pengurus LPTQ Banten bertemu dengan Sekda Al Muktabar selain silaturahmi sekaligus melaporkan program program yang ada di LPTQ.

“Mengenai program-program LPTQ Banten pada tahun 2019 ini diantaranya yaitu pembinaan kepada kafilah, selain itu kami akan melaksanakan MTQ tingkat pelajar se Provinsi Banten, yang akan diikuti oleh siswa-siswi SLTA,” ungkap Sybli.

Selain itu, Syibli melaporkan bahwa Provinsi Banten juga akan mengikuti Seleksi Tilawatil Qur’an Tingkat Nasional (STQN) Tahun 2019. STQ XXV ini akan dilaksanakan  akhir Juni hingga awal Juli mendatang Kota Pontianak, Provinsi Kalbar . “Untuk itu kami mohon kepada Bapak Gubernur untuk melapas kafilah Banten pada tanggal 26 Juni nanti,” ujarnya.

“Kami mengharapkan dukungan dari  Pemrov Banten maupun masyarakat banten agar pelaksanaan STQ ini berjalan dengan lancar dan kami memperoleh juara umum,” sambungnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini