Beranda Pemerintahan Tanto Sidak Realisasi Capaian PBB-P2 ke Beberapa Kecamatan di Pandeglang

Tanto Sidak Realisasi Capaian PBB-P2 ke Beberapa Kecamatan di Pandeglang

Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban saat melakukan inspeksi mendadak.

PANDEGLANG – Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban lakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) realisasi pendapatan Pajak Bumi Bangunan Perkotaan dan Pedesaan (PBB-P2) ke 3 kecamatan di Pandeglang. Hal itu karena capaian pajak PBB-P2 tiap tahun dirasakan belum optimal.

Menurutnya, kendala yang dihadapi dalam pengelolaan PBB-P2 ini tiap tahunnya hampir sama. Untuk itu, ia berharap ada trobosan atau inovasi yang dibuat untuk meningkatkan capaian PBB-P2.

Seperti menempelkan stiker di rumah yang bersangkutan bahwa wajib pajak tersebut belum membayar pajak, hal itu dianggap mampu mendorong masyarakat untuk menunaikan kewajibannya.

“Untuk itu kami coba turun langsung ke Kecamatan memastikan sejauh mana realisasi yang sudah dilaksanakan tahun 2019,” kata Tanto usai sidak, Kamis (24/10/2019).

Sementara itu, Camat Pandeglang, Meli Diah Rahmalia mengatakan, untuk Kecamatan Pandeglang target PBB-P2 tahun 2019 sebesar 762 juta. Ditanya berapa persen yang akan di capai hingga akhir tahun, Meli enggan muluk – muluk khawatir tidak dapat mencapai target.

“Hingga hari ini sudah terealisasi baik perkotaan maupun pedesaan sebesar 44,49 % atau senilai 342 juta. Kami akan berupaya tapi insya Allah bisa di atas 50%,” ucapnya.

Meli mengaku memang ada beberapa faktor salah satunya adanya kenaikan Nilai Jual Objek Pajak yang menjadi kendala.

“Memang tahun ini ada kenaikan NJOP, karena beberapa tahun terakhir NJOP disini dinilai tidak sebanding dengan harga yang sekarang. Harusnya kenaikannya bertahap, karena itu mungkin pasca kenaikan inilah masyarakat agak kaget,” jelasnya. (Med/Red)