Beranda Pemerintahan Tangani Corona, Pemkot Cilegon Siapkan Anggaran Rp10 Miliar

Tangani Corona, Pemkot Cilegon Siapkan Anggaran Rp10 Miliar

314
0
Sekda Cilegon Sari Suryati. (Usman/bantennews)

CILEGON – Sekretaris Daerah (Sekda) Cilegon, Sari Suryati menyatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Cilegon menyiapkan anggaran Rp10 miliar untuk menangani Covid-19.

“Untuk anggaran kami sudah menghitung, nantinya akan ada yang digeser, dan dihitungan kami persiapan untuk 3 bulan sekitar Rp10 miliar,” ujarnya, Senin (30/3/2020).

Lebih lanjut, Sari juga menjelaskan Pemkot Cilegon menyiapkan sembako dalam bentuk beras dan makanan pokok.

“Rencananya kita akan membagikan 3.000 paket sembako yang didistribusikan kepada masyarakat yang rentan sosial selama bulan Ramadan dan itu sedang kita kaji teknisnya nanti,” katanya.

Sementara itu, Walikota Cilegon, Edi Ariadi menyatakan pemerintah sudah melakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kota Cilegon.

“Kita sudah melakukan berbagai upaya pencegahan Covid-19 di wilayah Kota Cilegon, di antaranya kita sudah melakukan sosialisasi hidup bersih, kemudian pembatasan ruang gerak masyarakat dengan menerapkan social distancing yang semua tertuang dalam SK (Surat Keputusan) Walikota, kemudian kita juga sudah melakukan penyemprotan cairan zat disinfektan di ruang publik,” ungkapnya.

Edi mengatakan kepada msayarakat Kota Cilegon untuk mematuhi Pemerintah agar Covid-19 ini tidak meluas. “Saya mengajak kepada masyarakat untuk bersama-sama melawan virus ini, karena apabila upaya Pemerintah sendiri saja itu tidak mungkin bisa menghentikan virus ini, kita membutuhkan peran serta masyarakat untuk mentaati apa-apa yang sudah diperintahkan oleh Pemerintah Kota Cilegon maupun Pemerintah pusat,” tuturnya.

Menurut Edi, rapat terbatas ini dilaksanakan dalam upaya menjelaskan langkah yang akan dilakukan dari masing-masing OPD.

“Jadi dalam rapat ini, saya ingin mendengarkan aksi dari OPD, misalnya Dinas Kesehatan menginfokan terkait virus ini, kemudian Dindik terkait sekolah atau Disperindag dapat berkoordinasi mengenai kondisi pasar di Kota Cilegon, juga ada penjelasan dari Kapolres dan Dandim terkait langkah yg harus dilakukan dalam bersinergi dengan Pemerintah Daerah,” jelasnya.

Edi berharap agar di Kota Cilegon tidak terjadi lockdown atau karantina wilayah. “Saya berharap tidak ada lockdown di Kota Cilegon, karena nantinya akan ada masalah lain yang timbul, oleh karena itu kepada masyarakat Kota Cilegon untuk bisa bekerja sama dalam mengehntikan wabah Corona ini, agar Kota kita ini aman dari Corona dan tidak ada lockdown,” harapnya.

(Man/Red)