Beranda Nasional Tangani Corona, Pemerintah Siapkan Dana Rp405,1 Triliun

Tangani Corona, Pemerintah Siapkan Dana Rp405,1 Triliun

Presiden Jokowi memberikan keterangan kepada awak media - foto istimewa

SERANG – Pemerintah pusat terus berupaya menanggulangi pandemi virus Corona. Bahkan anggaran Rp405,1 triliun digelontorkan.

“Saat ini sebanyak 202 negara termasuk Indonesia sedang menghadapi tantangan berat yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Pandemi Covid-19 bukan hanya membawa masalah kesehatan masyarakat tetapi juga implikasi ekonomi yang sangat luas,” ujar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikutip dari sosial media resminya, Rabu (1/4/2020).

“Karena yang kita hadapi saat ini adalah situasi yang memaksa maka saya baru saja menandatangani Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Kebijakan Keuangan Negara dan Stabilitas Sistem Keuangan,” lanjutnya.

Perppu ini, kata Jokowi, memberikan fondasi bagi pemerintah, bagi otoritas perbankan, dan bagi otoritas keuangan untuk melakukan langkah-langkah luar biasa dalam menjamin kesehatan masyarakat, menyelamatkan perekonomian nasional dan stabilitas sistem keuangan.

Pemerintah memutuskan total tambahan belanja dan pembiayaan APBN Tahun 2020 untuk penanganan Covid-19 adalah sebesar Rp405,1 triliun.

“Total anggaran tersebut akan dialokasikan untuk belanja bidang kesehatan, perlindungan sosial, insentif perpajakan dan stimulus kredit usaha rakyat (KUR), dan pembiayaan program pemulihan ekonomi nasional,” terangnya.

Perppu ini akan segera diundangkan dan dilaksanakan dan dalam waktu yang secepat-cepatnya.

“Kami akan menyampaikannya kepada DPR RI untuk mendapatkan persetujuan menjadi undang-undang,” imbuhnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini