Beranda Gaya Hidup Tanda Kamu Stres dan Butuh Refreshing

Tanda Kamu Stres dan Butuh Refreshing

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Aktif dan begitu cinta pekerjaan itu boleh saja, tapi jangan sampai lupa bahwa kehidupan sosial dan pribadimu itu juga penting. Jangan sampai karena saking dedikatifnya, kamu melupakan kesehatan dan kesenangan dirimu sendiri.

Percuma saja kamu meraih banyak hal di kantor, tapi tubuhmu jatuh sakit dan pikiranmu selalu kacau.

Jangan diabaikan, ini 6 tanda kamu sudah sangat stress dan butuh istirahat segera. Ingatlah bahwa tubuhmu itu terbatas, memforsirnya hanya akan membuatmu rugi sendiri nantinya.

1. Kamu memiliki jam tidur yang tidak menentu

Jam tidurmu bakal jadi penanda bagaimana kondiri pikiranmu sekarang ini. Ketika kamu sedang sangat stres, maka kamu tidak akan bisa tidur dengan nyenyak atau sesuai dengan jam tidur normal biasanya. Seperti efek domino, ini akan mempengaruhi juga bagaimana keseharian dan produktivitasmu.

2. Porsi makanmu jadi tidak karuan

Ketika pikiran sedang stress, porsi makan jelas akan berubah. Entah itu jadi lebih banyak sampai tidak makan sama sekali. Keduanya sama-sama bisa menghancurkan tubuhmu sendiri, makanya untuk mencegahnya jangan sampai kamu tinggal dalam stress itu berkepanjangan, ya.

3. Kamu selalu merasa lelah bahkan setelah istirahat sekalipun

Ini membuat kamu jadi lesu, jarang tersenyum dan selalu terlihat malas melakukan apapun. Hal seperti ini tidak boleh dan jangan sampai kamu perhatahankan terus-menerus. Mulailah cintai diri sendiri dengan tidak membiarkan pikiranmu terbebani terlalu banyak. Kamu berhak istirahat.

4. Kamu sulit berkonsentrasi

Karena pikiranmu sedang kacau, konsentrasi jadi hal yang sangat sulit dilakukan. Coba pikirkan, kalau kamu membiarkannya saja, kamu akan jauh lebih sulit nantinya karena pekerjaanmu jadi terbengkalai. TIdak ada salahnya mengambil libur beberapa hari untuk menenangkan pikiran dan kembali ketika kamu sudah segar kembali.

5. Kamu mudah sekali jatuh sakit

Imun tubuhmu sangat rendah sehingga kamu bahkan sering jatuh sakit. Tidak bisa dipungkiri, pikiran yang kacau dan berat akan mempengaruhi bagaimana sistem tubuhmu bekerja. Kamu butuh refreshing segera sebelum tubuhmu sakit terus-menerus.

6. Kamu tidak memiliki hubungan yang lancar dengan orang lain

Bagaimanapun, mood sangat mempengaruhi bagaimana kehidupan sosialmu. Ketika kamu sedang merasa stress dan kewalahan, maka kamu tidak akan bisa berinteraksi secara normal dengan siapapun. Bahkan dengan diri sendiri saja, kamu jadi kadang bingung harus melakukan apa. Apakah kamu sedang mengalami ini?

Stres yang berlebihan tidaklah baik untuk kesehatan. Bukan hanya itu, kehidupan sosialmu juga akan sangat terganggu jika kamu tidak tahu bagaimana cara mengatur ritme kerjamu. Bukan berarti kamu menjadikan ini sebagai alasan untuk bermalas-malasan, tapi setidaknya kamu tahu kapan waktunya kamu butuh bekerja keras dan kapan waktunya istirahat. Hidup ini harus seimbang, kan! (Red)

Sumber : IDN Times