Beranda Gaya Hidup Tanda Ini Menunjukkan Sahabat Kamu Layak Dipertahankan

Tanda Ini Menunjukkan Sahabat Kamu Layak Dipertahankan

Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Ada beberapa pemahaman yang gak bisa tercipta atau ditemukan dari hubungan keluarga atau pasangan, hanya dia yang mampu menyuguhkan pemahaman itu. Itulah yang kadang dinamakan dengan persahabatan.

Lalu kira-kira, apa saja tandanya kalau orang itu adalah sahabat kamu yang layak dipertahankan? Beberapa tanda di bawah ini bisa menjabarkan sedikit tentang persahabatan yang sehat itu seperti apa.

1. Kamu bebas bercerita apa pun dengannya

Ngobrol tentang hal-hal ringan dengan teman itu sudah biasa, dan akan jadi beda saat kamu behadapan dengan sahabatmu. Perbincanganmu dan dia bukan lagi mengenai hal-hal yang lagi viral, film baru, makanan, musik, atau pun fashion yang lagi hits; bahan perbincangan sudah mengarah pada sesuatu yang lebih dalam lagi.

Seperti misalnya cita-cita atau hal-hal yang cukup privat seperti keluarga masing-masing. Gak ada rasa gengsi atau malu, kamu bebas bercerita apa pun tentang dirimu ketika bersamanya, begitu pun juga dia sebaliknya.

2. Waktu berjalan begitu cepat saat bersamanya

Berbagai hal yang pernah kamu lakukan bersamanya akan terasa begitu cepat dilalui, ini tandanya kamu gak bosan dan menikmati setiap kegiatan bersamanya. Sekian tahun bersama membuat dia tahu apa yang kamu senangi dan juga yang berusaha kamu hindari, kamu juga telah katam tentang seluk-beluk kehidupannya. Dia mungkin jadi salah satu orang yang mau menemani kamu saat berada di tengah pelarian mengejar mimpi.

3. Dia berani memberi petuah saat kamu ada masalah

Beberapa orang terdekat barangkali akan membiarkan dirimu lupa diri, namun sahabat sebaliknya. Dia akan dengan berani memberi saran yang mungkin akan menampar kamu, tapi setelah itu kamu jadi lebih tersadarkan.

Gak melulu selalu bersenang-senang menuruti keinginan, sahabat juga hadir buat agenda seperti ini dalam hidup. Sahabat sejati adalah orang yang dengan berani mengkritik dengan jujur, dan setelah itu akan memelukmu lebih erat lagi.

4. Menyenangkan melakukan hal-hal seru bersamanya

Saat belum dewasa, seringkali kamu masih ceroboh dan belum bisa berpikir lebih rasional. Dia adalah teman bertumbuh hingga menjadikanmu lebih dewasa seperti sekarang. Tidak ada hal yang kamu sesali meski kadang pernah berbuat kesalahan konyol dengannya.

Pengalaman itu nyatanya justru kamu simpan sebagai kenangan manis yang bakal kamu ceritakan saat tua nanti. Jika kamu mengalami hal seperti ini dengan seseorang, dia memang sahabat yang layak dipertahankan.

5. Kamu dan dia saling menguatkan mimpi masing-masing

Hidup ini terdiri dari bagian-bagian yang bisa jadi pemberhentian haru seseorang dalam mewujudkan impian. Tentunya perjalanan hidup kamu dalam meraih cita-cita atau apa pun yang kamu inginkan itu penuh perjuangan. Dia selalu ada dalam setiap bagian pemberhentian dan peristirahatan itu. Dia bisa dengan mudah mengisi energi dan membuat kamu lebih percaya diri lagi.

6. Berjalan dengannya terasa begitu menenangkan

Kesamaan latar belakang kamu dan dia, dalam beberapa hal akan menguatkan hubungan ini. Barangkali kamu dan dia tinggal di lingkungan sama, punya frekuensi kepribadian dengan karakter yang sama, atau juga memiliki pandangan hidup yang masih beririsan. Itulah kenapa kamu merasa begitu tenang saat bersamanya. Dia juga mengajarkan untuk “memakai cermin yang benar”, yang dalam arti kata adalah berani jujur jadi dirimu sendiri.

Begitulah beberapa hal yang jadi tanda bahwa sahabatmu itu layak dipertahankan. Hubungan persahabatan juga bukan hanya tentang menemukan, namun juga proses yang dibangun setiap waktu, kamu layak mempertahankan dia yang punya beberapa kriteria di atas. Tag sahabat kamu di kolom komentar dong! (Red)

Sumber : IDN Times