Beranda Gaya Hidup Tanda Anak Punya Karakter Tertutup

Tanda Anak Punya Karakter Tertutup

Ilustrasi - foto istimewa kumparan.com

Setiap anak punya karakter yang berbeda-beda. Ada yang mudah akrab dengan orang tuanya, ada juga yang tidak, memiliki dunia sendiri dan cenderung menghindar dari orang tuanya (avoidant attachment style).

Anda sebagai orang tua tentu akan bingung jika anak memiliki karakter yang kedua. Bagaimana tanda-tanda anak Anda tertutup bisa dilihat dari ciri-cirinya. Berikut seperti dilansir medcom.id

1. Fokus pada mainan

Dilansir dari GoodTherapy.org, seorang anak yang memiliki avoidant attachment style akan lebih fokus pada mainan dan lingkungan mereka daripada orang tua atau situasi yang asing bagi mereka. Jadi, misalnya, jika Anda menitipkan anak di tempat penitipan anak yang baru dan mereka langsung fokus pada mainan yang disediakan oleh penitipan anak, dan tampaknya tidak terpengaruh oleh pengasuh baru  atau fakta bahwa Anda tidak akan ada di sana.

2. Bersikap datar

Ketika seorang anak memiliki gaya pendekatan avoidant attachment biasanya mereka akan memberikan tanggapan terhadap orang tua mereka secara datar-datar saja dan tanpa terlihat emosi apa yang mereka rasakan.

3. Tidak menangis

Jika anak Anda tampak tidak emosional, kemungkinan besar juga mereka akan jarang menangis. Seorang anak dengan gaya pendekatan avoidant attachment akan berusaha menahan diri untuk tidak menangis, terutama di sekitar orang tua dan atau pengasuhnya.

4. Menolak kontak fisik

Menurut PsychAlive, bayi atau anak kecil yang secara aktif menolak kontak fisik dengan orang tua cenderung memiliki pendekatan avoidant attachment. Misalnya saja, ketika anak Anda tidak suka dipeluk oleh kedua orang tua mereka. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini