Beranda Cinta Tak Selamanya Buruk, Ini 5 Alasan Mengapa Bercerai Lebih Baik

Tak Selamanya Buruk, Ini 5 Alasan Mengapa Bercerai Lebih Baik

Ilustrasi - foto istimewa nusantaranews.co

SERANG – Banyak orang menganggap bercerai sebagai sesuatu yang buruk. Bahkan karena stigma tersebut, tak sedikit pasangan yang memutuskan mempertahankan pernikahan meski tak lagi saling menemukan kecocokan di antara keduanya.

Ya, pernikahan di dunia nyata bukanlah dongeng yang berakhir dengan “Hidup bahagia selamanya”. Ketika pernikahan mulai terasa sulit untuk dipertahankan, perceraian kadang menjadi jalan terbaik.

Dan bahkan terkadang, ada kalanya bercerai justru jauh lebih baik daripada Anda bertahan dalam pernikahan yang buruk.

Dilansir dari Bright Side, inilah 5 alasan mengapa bercerai terkadang lebih baik daripada Anda mempertahnakan pernikahan.

1. Anda berpeluang untuk menemukan orang baru yang jauh lebih baik

Ketika Anda tak lagi terikat dalam pernikahan, Anda berpeluang untuk bertemu dengan pasangan yang tepat di masa depan. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang menikah lagi cenderung tidak bercerai, karena kali ini Anda akan mengenal diri sendiri dengan lebih baik, dan Anda yakin dengan apa yang Anda cari dalam diri pasangan.

2. Anda punya waktu untuk memerhatikan diri sendiri

Kadang kala, kesibukan bersama keluaraga membuat Anda melupakan hal-hal yang Anda sukai, seperti hobi, teman, bahkan karier. Setelah berpisah, Anda akhirnya bisa berhenti mencurahkan seluruh energi Anda ke dalam hubungan, dan mengalihkannya pada hal-hal penting lain dalam hidup Anda.

3. Anak-anak Anda mungkin akan lebih bahagia

Baca Juga:Viral Video Doddy Sudrajat Cium Mayang Berkali-kali, Warganet Risih: Sekarang Tinggal Berdua Sama Dody Ya

Banyak pasangan menyadari bahwa mereka tidak bahagia dan masih memutuskan untuk tetap menikah demi anak-anak mereka. Tapi ini adalah ide yang sangat buruk. Anak-anak Anda mungkin terpaksa harus mendengar semua pertengkaran dan mungkin terus-menerus merasa tertekan oleh ketegangan dalam pernikahan Anda yang tidak bahagia.

Bahkan lebih dari semua ini, mereka mungkin bingung tentang apa itu hubungan yang sehat dan tidak, yang dapat menyebabkan masalah besar dalam kehidupan pribadi mereka di masa depan. Jadi, jika Anda tidak ingin merusak kondisi psikologis anak Anda, Anda harus menunjukkan kepada mereka cara saling menghormati dan mencari kompromi. Dan jangan lupa aturan emasnya — orangtua yang bahagia berarti anak yang bahagia pula.

4. Kesehatan Anda mungkin membaik

Kebanyakan orang percaya bahwa pernikahan dapat meningkatkan kesehatan. Tetapi dalam kasus pernikahan yang buruk, yang berlaku adalah sebaliknya. Pernikahan yang tidak bahagia dan penuh konflik bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Studi mengonfirmasi bahwa tinggal di rumah yang tidak bersahabat dapat merusak fisik Anda, sama halnya seperti terlalu banyak minum atau stres kerja kronis. Anda bahkan memiliki peningkatan risiko penyakit jantung, kanker, radang sendi, diabetes, dan sistem kekebalan yang lebih lemah. Selain itu, bahkan luka kecil dan luka di kulit Anda akan sembuh 40% lebih lambat.

5. Kondisi finansial membaik

Pada beberapa pasangan, perceraian dapat bermanfaat secara finansial dalam jangka panjang. Beberapa penelitian membuktikan bahwa wanita yang bercerai yang tidak pernah menikah lagi seringkali memiliki kondisi finansial yang lebih baik di usia tua mereka.

Setelah perceraian, mereka biasanya fokus pada karier, dan jam kerja mereka lebih banyak daripada sebelumnya. Semua ini menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi, yang membantu wanita memberikan kontribusi yang lebih besar ke dana pensiun mereka.

(Red)