Beranda Uncategorized Tak Hanya Wortel, Ini 4 Makanan yang Bisa Menyehatkan Mata

Tak Hanya Wortel, Ini 4 Makanan yang Bisa Menyehatkan Mata

Ilustrasi - foto istimewa umkmgoonline.com

Merawat dan mengurangi risiko terkena penyakit mata ternyata dapat dilakukan dengan menjalani pola makan sehat dan gizi seimbang. Mengonsumsi makanan yang mengandung berbagai vitamin, nutrisi, dan mineral yang bersifat antioksidan juga membuat badan lebih bugar.

Tidak hanya menyehatkan mata tetapi menjaga pola hidup dengan makanan-makanan sehat bisa menurunkan risiko terkena penyakit diabetes 2, yang merupakan penyebab utama kebutaan pada orang dewasa.

Dilansir dari berbagai sumber, ada beberapa makanan yang bisa merawat mata diantaranya ikan dan susu. Untuk merawat kesehatan mata, dibutuhkan banyak jenis antioksidan seperti lutein, zeaxanthin, vitamin A, C dan E, beta karoten, asam lemak omega-3, dan zink.

Berikut 4 makanan yang dapat merawat kesehatan mata kita:

1. Kacang Almond

Kacang almond mengandung vitamin E yang dapat mencegah degenerasi makula terkait usia dan katarak. Seperti kacang-kacangan dan biji-bijian lainnya, almond dapat dijadikan camilan sehat untuk menjaga kesehatan mata.

2. Ikan

Ikan terkenal dengan kaya asam lemak omega-3 yang merupakan lemak sehat. Asam lemak omega-3 ini bermanfaat untuk perkembangan penglihatan dan kesehatan retina di bagian belakang mata dan juga mencegah mata kering.

3. Olahan Susu

Produk olahan susu seperti yoghurt memiliki vitamin A dan zinc. Vitamin A sendiri bermanfaat melindungi kornea mata, sedangkan zinc membawa vitamin ke mata. Zinc penting untuk membantu penglihatan di malam hari dan mencegah katarak.

Untuk susu yang paling baik dan memberikan manfaat yakni yang berasal dari sapi yang diberi makan rumput. Jadi, jangan salah pilih susu agar dapat manfaatnya ketika mengonsumsi.

4. Jeruk dan Sayuran Berdaun Hijau Gelap 

Rupanya sayuran berdaun hijau gelap dan jeruk memiliki kemiripan, keduanya mengandung vitamin C. Vitamin C berkontribusi pada kesehatan pembuluh darah di mata.

Sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam, brokoli, dan kale mengandung banyak vitamin C dan E. Mereka juga memiliki karotenoid lutein dan zeaxanthin. Bentuk vitamin A nabati ini dapat menurunkan risiko penyakit mata jangka panjang, termasuk katarak. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini