Beranda Peristiwa Tak Berdokumen, Puluhan Kambing Asal Lampung Ditolak Masuk Banten

Tak Berdokumen, Puluhan Kambing Asal Lampung Ditolak Masuk Banten

Kambing asal Lampung tak berdokumen - foto istimewa

CILEGON – Karantina Pertanian Cilegon kembali menggagalkan lalu lintas Hewan Rentan PMK (HRP) tidak dilengkapi dokumen persyaratan yang ditetapkan. Kali ini, kambing sebanyak 59 ekor dan 1 ekor domba yang dibawa mobil pikap tersebut berasal dari Kota Metro, Lampung dan akan dikirim ke Kota Depok.

Itu diketahui saat petugas Balai Karantina Pertanian Cilegon melakukan operasi di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Provinsi Banten.

Kepala Karantina Pertanian Cilegon, Arum Kusnila Dewi mengatakan lalulintas HRP harus membawa perlengkapan persyaratan yang ditetapkan berupa bukti dalam bentuk dokumen yang sah.

“59 ekor kambing dan 1 ekor domba yang dibawa menggunakan pikap itu tidak membawa dokumen persyaratan. Tidak membawa Sertifikasi Kesehatan dari Karantina Pertanian asal, tidak dilaporkan kepada petugas karantina serta tidak memenuhi ketentuan-ketentuan lain yang dipersyaratkan sesuai SE Satgas PMK Nomor 6 Tahun 2022 tentang Pengendalian Lalu Lintas Hewan dan Produk Hewan Rentan PMK Berbasis Kewilayahan,” terang Arum melalui keterangannya, Minggu (15/10/2022).

Kemudian Karantina Pertanian Cilegon melakukan penolakan dan mengembalikan kambing ke daerah asal.

Selanjutnya Arum mengatakan bahwa pihaknya mengajak masyarakat dan instansi terkait untuk memperkuat sinergitas dalam pengawasan dan penindakan lalu lintas HRP dari pulau Jawa ke Sumatera ataupun sebaliknya.

Terus meningkat sinergitas, komunikasi, sosialisasi dan koordinasi dengan instansi terkat dan Satgas PMK Provinsi Banten agar tidak ada kejadian HRP Ilegal yang lewat dan masuk dari Jawa ke Sumatera atau sebaliknya.

Secara teknis, Melani Subkoordinator Karantina Hewan menambahkan bahwa sebelum diterbitkan penolakan, dilakukan pemeriksaan terhadap pembawa selaku perwakilan pemilik, alat angkut dan media pembawa, selain itu juga dilakukan pengambilan HRP berupa sampel darah.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini