Beranda Pemerintahan Tahapan Pilkades 2021 Kabupaten Serang Menuju Tes Seleksi Tertulis

Tahapan Pilkades 2021 Kabupaten Serang Menuju Tes Seleksi Tertulis

Ilustrasi - foto istimewa rilitas.com

KAB. SERANG – Satu bulan lagi Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2021 Kabupaten Serang akan digelar. Saat ini tahapan Pilkades akan memasuki tahapan tes seleksi tertulis untuk desa yang memiliki bakal calon kepala desa (balon kades) lebih dari lima. Ada sekitar 192 balon kades dari 27 desa yang akan mengikuti tes seleksi balon kades.

Kepala Bidang (Kabid) Pemerintah Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Serang, Heni Suhaeri mengatakan tes seleksi tertulis akan dilakukan selama satu hari.

“Kalau alokasi waktu itu dari jadwal tahapan sekitar tanggal 14 sampai 18 Juni tapi sesuai dengan rapat terakhir di Saparudin, pak ketua panitia kabupaten menginginkan pelaksanaan tesnya dilaksanakan satu hari,” ujarnya, Kamis (10/6/2021).

Dikatakan Heni, saat ini jumlah balon kades terbanyak di Kabupaten Serang berada di Kecamatan Kragilan.

“Paling banyak itu ada 11 balon di Kecamatan Kragilan,” kata Heni.

Kemudian untuk jadwal tahapan selanjutnya adalah penetapan balon kades menjadi calon Kades yang nantinya akan diikuti dengan pengundian nomor urut calon kades beserta pengumuman calon Kades.

Setelah pengumuman calon Kades, para calon Kades nantinya akan diberikan waktu untuk menyusun rencana kampanye. Pelaksanaan kampanye sendiri nantinya akan berlangsung selama tiga hari yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 5 Juli mendatang.

(Nin/Red)