Beranda Hukum Tabrakan Sepeda Motor Dominasi Kecelakaan di Pandeglang

Tabrakan Sepeda Motor Dominasi Kecelakaan di Pandeglang

Kecelakaan beruntun terjadi di jalan raya Serang-Pandeglang tepatnya di Kampung Pasar Inun, Desa Palayar, Kecamatan Cipeucang.

PANDEGLANG – Data Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Pandeglang pada tahun 2019 mengungkap bahwa kendaraan yang paling mendominasi terlibat kecelakaan di jalan raya adalah kendaraan roda dua atau motor.

Dari data Bulan Januari hingga April 2019 sedikitnya ada 11 kecelakaan antara roda dua dengan roda dua, 10 kecelakaan antara roda dua dengan roda empat, 7 kecelakaan antara roda dua dengan roda enam, 1 kecelakaan antara roda enam dengan roda enam dan 1 kecelakaan antara roda enam dan roda empat.

“Kalau menyangkut hal yang paling dominan pada kejadian kecelakaan ini bisa dilihat dari data, dari data menunjukkan bahwa roda dua paling banyak terlibat kecelakaan,” terang Kasat Lantas Pandeglang AKP Tesyat Rofhaldi Prayitno, Jumat (26/4/2019).

Lanjut Tesyar, perbandingan daerah yang paling sering terjadi kecelakaan antara utara dan selatan untuk tahun 2019 hampir seimbang yakni daerah selatan sekitar 55 persen dan utara 45 persen.

Sedangkan faktor penyebab kecelakaan, dilihat dari data tahun 2018 yang paling banyak mendominasi itu faktor human error dimana mencapai 142 kejadian selama 1 tahun.

“Human error yang paling banyak, kalau faktor jalan hanya ada 2 kejadian di tahun 2018, faktor alam tidak ada dan faktor kendaraan itu ada 2 kejadian, tapi kalau human error itu jumlahnya ada 142 kejadian,” bebernya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini