Beranda Peristiwa Syihabudin Sidik, Tokoh Politik dan Kemasyarakatan Kota Cilegon Tutup Usia

Syihabudin Sidik, Tokoh Politik dan Kemasyarakatan Kota Cilegon Tutup Usia

Syihabudin Sidik. (Ist)

CILEGON – Anggota DPRD Banten dari Fraksi Partai Gerindra daerah pemilihan (dapil) Kota Cilegon, Syihabudin Sidik tutup usia pada Senin (13/6/2022) sekitar pukul 06.07 WIB di Rumah Sakit Krakatau Medika (RSKM). Almarhum yang dikenal sebagai tokoh sosial dan politik ini menghembuskan napas terakhirnya setelah menjalani perawatan sejak dirawat tiga hari lalu.

“Almarhum diketahui mengalami gagal ginjal sejak sekitar tujuh bulan lalu, dan baru masuk ke ICU (RSKM) tiga hari lalu untuk perawatan,” ungkap Wakil Ketua I DPRD Cilegon, Hasbi Sidik, adik kandung almarhum.

Sepak terjang dan kepiawaian Syihabudin Sidik di kancah sosial kemasyarakatan dan politik selama ini sudah dikenal luas banyak tokoh dan kalangan karena tidak diragukan lagi. Hal itu dibuktikan pria kelahiran 4 April 1966 silam itu dengan tiga periode berturut-berturut menjabat sebagai Anggota DPRD Cilegon dari dapil Citangkil-Ciwandan kendati berangkat dengan tiga partai politik yang berbeda-beda, yakni Partai Masyumi pada 1999-2004, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada 2004-2009 dan Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) pada 2009-2014 sebelum akhirnya resmi terpilih sebagai Anggota DPRD Banten periode 2019-2024 melalui partai Gerindra.

“Kakak saya adalah guru saya, selama ini dialah yang mendidik saya. Almarhum adalah sosok yang aktif bergerak di bidang sosial dan kemasyarakatan, seperti hari ini saja, semula beliau berencana akan menghadiri pelepasan siswa sekolah Madrasah Ibtidaiyah SMA Al Khairiyah 1 Cilegon, cuma Allah SWT memanggilnya lebih awal. Sebagai manusia biasa, beliau tentu tak luput pula dari kesalahan yang disengaja maupun tidak. Maka atas nama keluarga, kami memohon dibukakan pintu maaf selebar-lebarnya baginya, mengingat almarhum dikenal sosok yang humoris dan suka bercanda,” lanjut Hasbi.

Dijelaskan Hasbi, jenazah almarhum Syihabudin Sidik rencananya akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang terletak di Lingkungan Penauan RT 03 RW 01, Kelurahan Kubangsari, Kecamatan Ciwandan pada pukul 14.00 WIB siang ini.

Selama hidupnya, Syihabudin Sidik selain diketahui sebagai wakil rakyat yang kritis, anak ke 4 dari 8 bersaudara ini juga dikenal sebagai sosok yang nyentrik lantaran kegemarannya akan dunia musik, terutama yang bergenre rock klasik. Dari hobi ini pula, almarhum dikenal sebagai sosok yang pandai bergaul tanpa memandang latar belakang kelompok, profesi, kalangan dan usia.

Dalam satu kesempatan, ayah dari dua putra dan satu putri ini pun tak segan berbagi informasi soal kunci keberhasilan karir politiknya selama ini di parlemen.

“Kuncinya adalah ketika kita diberikan amanah oleh rakyat, ya pegang teguh. Mulai dari kita berjuang di lembaga legislatif, hingga kita pulang ke rumah dengan menerjemahkan perjuangan aspirasi itu ke masyarakat. Masyarakat itu prinsipnya juga butuh perhatian. Apalagi sampai kebutuhan hidupnya juga kita sentuh, tentu kepercayaan itu akan terus bertambah. Karena, hal itu juga adalah janji kita ke masyarakat,” ucap Syihabudin beberapa tahun silam kepada penulis.

(dev/red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ