Beranda Uncategorized Syarat Cawalkot Tangsel Jalur Independen Harus Memiliki 71.143 Suara

Syarat Cawalkot Tangsel Jalur Independen Harus Memiliki 71.143 Suara

Ilustrasi - foto istimewa detik.com

TANGSEL – Setiap Calon Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) yang akan maju lewat jalur independen atau perseorang diharuskan mengantongi 71.143 suara. Hal itu dikatakan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel Achamd Mudjahid Zein.

Jumlah dukungan tersebut, kata Zein, ditetapkan dalam Rapat Pleno Penetapan Syarat Jumlah dan Persebaran Dukungan Bagi Pasangan Calon Perseorangan Peserta Pemilihan Walikota Dan Wakil Walikota Kota Tangsel 2020, 26 Oktober 2019 lalu.

“Dukungan itu diambil dari 7,5 persen Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu tahun 2019 yang berjumlah 948.571. Lalu dukungan tersebut juga harus minimum tersebar di 4 kecamatan yang ada di Tangsel,” ujar Zein kepada BantenNews.co.id saat ditemui di Kantor KPU Tangsel, Rawa Buntu, Kecamatan Serpong, Rabu (30/10/2019).

“Hasil pleno kita dapatkan angka 71.143 untuk syarat dukungan calon perseorangan. Itu di hitung dari 7,5 persen DPT Pemilu kemarin,” tambahnya.

Zein melanjutkan, syarat dukungan warga kepada salah satu calon adalah harus berumur 17 tahun dan menandatangani surat pernyataan mendukung disertai dengan fotocopy KTP elektronik.

“Warga harus mengisi surat keterangan mendukung di formulir model B1 KWK dengan menempel fotocopy e-KTP atau Surat Keterangan (Suket),” ungkapnya.

Zein menuturkan, penyerahan dukungan warga untuk calon perseorangan dimulai pada 11 Desember 2019 sampai 5 Maret 2020.

Sebelum verifikasi, lanjut dia, dukungan warga tersebut akan dihitung terlebih dahulu apakah memenuhi syarat yang ditetapkan atau tidak.

“Setelah waktu penyerahan dukungan selesai, kita akan hitung dulu sebelum diverifikasi. Kalau tidak memenuhi syarat, ya calon perseorangan ini tidak bisa maju ke tahap berikutnya,” tandasnya.

(Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ