Beranda Pemerintahan Susun Rencana Recovery Pasca-Tsunami, Bupati Pandeglang Undang Relawan

Susun Rencana Recovery Pasca-Tsunami, Bupati Pandeglang Undang Relawan

233
0
Bupati Pandeglang, Irna Nuralita memberikan apresiasi kepada semua relawan yang sudah membantu dalam respons bencana tsunami yang terjadi di Pandeglang

PANDEGLANG – Bupati Pandeglang, Irna Nuralita memberikan apresiasi kepada semua relawan yang sudah membantu dalam respons bencana tsunami yang terjadi di Pandeglang.

Itu terungkap saat audiensi yang dilakukan oleh para relawan yang bertujuan untuk menyusun rencana recovery ataupun pemulihan bencana tsunami yang terjadi di Pandeglang.

Dalam kesempatan itu relawan yang hadir sekitar 13 lembaga yang tergabung dari Forum Zakat diantarnya yaitu Dompet Dhuafa.

Dalam forum diskusi ini, Irna menuturkan bahwa Pemkab Pandeglang sangat terbantu dengan adanya relawan yang ikut serta dalam membantu evakuasi hingga memberikan bantuan.

“Seperti makanan, layanan kesehatan, dapur umum serta PFA,” ujar Irna melalui siaran pers, Kamis (10/1/2019).

Selain itu, forum diskusi ini juga membahas terkait transisi ke arah pemulihan pasca bencana tsunami yang terjadi di Pandeglang. Pembahasan yang diangkat takluput dari sektor perekonomian, karena disektor ini adalah fokus utama dari Pemkab Pandeglang untuk menstabilkan kembali ekonomi masyarakat yang terdampak.

Syamsul Ardiansyah selaku manajer pemulihan & lingkungan Dompet Dhuafa menuturkan bahwa pihak sudah merancang program pemulihan dan juga akan mengembangkan beberapa program yang sedang dirancang di antaranya pertama, mengembangkan program usaha kecil sehingga mereka para korban punya modal untuk pulih.

“Kedua, bantuan untuk pengembangan usahanya itu sendiri sehingga mereka bisa tetap survive dalam situasi yang kritis seperti sekarang. terakhir, kami akan membantu pelatihan-pelatihan usaha kepada masyarakat yang memang mata pencaharianya hilang akibat bencana tsunami,” terangnya.

Harapan dari sinergi yang dilakukan pemerintah Pandeglang dengan relawan yang tergabung dalam Forum Zakat ini, kata dia, bisa membantu dan meringankan masyarakat Pandeglang yang terdampak.

Sehingga mereka bisa kembali pulih dan menjalani aktivitas secara normal. Semoga dimasa pemulihan ini wisata yang berada di Pandeglang menjadi wisata yang islami dan aman untuk para pengunjung. (Red)