Beranda Uncategorized Survei Terbaru, Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf 54,1 Persen, Prabowo-Sandi 33,9 Persen

Survei Terbaru, Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf 54,1 Persen, Prabowo-Sandi 33,9 Persen

Jokowi-Prabowo - foto istimewa detik.com

SERANG – Alvara Research Center melakukan survei nasional terkait Pilpres 2019. Survei digelar 8-22 Oktober 2018 di 33 provinsi.

Hasilnya, elektabilitas pasangan calon Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul daripada Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

“Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf 54,1 persen, sedangkan Prabowo-Sandi 33,9 persen,” kata CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali dikutip dari rakyatku.com, Selasa (6/11/2018).

Sedangkan jumlah pemilih yang belum menentukan pilihan sebesar 12 persen. “Sedangkan bila dilihat dari soliditas pemilih, 55 persen pemilih Jokowi tidak akan mengubah pilihannya. Pemilih Prabowo 57,7 persen tidak akan mengubah pilihannya,” ungkapnya.

Dilihat elektabilitas dari sisi geografis, Jokowi-Ma’ruf unggul hampir semua wilayah Indonesia. Kecuali di Sumatra yang dikuasai Prabowo-Sandi.

“Pasangan Jokowi-KH Maruf unggul di hampir semua wilayah, kecuali Sumatra,” katanya

Hasanuddin menyatakan, pemilih di Jawa dan Sumatra sangat menentukan siapa yang akan menjadi pemenang di Pilpres 2019 mendatang.

Di Jawa, Jokowi-Ma’ruf unggul di Jawa 58,1 persen, sedangan Prabowo-Sandiaga 29,2 persen. Untuk Sumatra, Prabowo-Sandiaga unggul 44,6 persen dan Jokowi-Ma’ruf 40 persen.

Adapun survei Alvara menggunakan multi-stage random sampling dengan melakukan wawancara terhadap 1.781 responden berusia 17 tahun ke atas. Rentang margin of errof sebesar 2,37 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini