Beranda Pemilu 2024 Survei SPIN Tren Voters Pilih Prabowo dan Anies Naik Tipis-tipis, Ganjar Turun...

Survei SPIN Tren Voters Pilih Prabowo dan Anies Naik Tipis-tipis, Ganjar Turun Banyak

Pasangan Anies-Muhaimin nomor urut 1, Prabowo-Gibran nomor ururt 2, dan Ganjar-Mahfud nomor urut 3 saat penetapan nomor urut pasangan Capres dan Cawapres Pemilu 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (14/11/2023). (Foto istimewa suara.com)

SERANG – Lembaga Survei dan Polling Indonesia (SPIN) mengeluarkan hasil survei terbarunya mengenai elektabilitas capres-cawapres yang akan berkonstetasi pada Pilpres 2024.

Hasil survei SPIN menyimpulkan pasangan Prabowo-Gibran berada di posisi teratas dengan 43 persen. Sementara itu, posisi kedua ditempati Ganjar-Mahfud 26,1 persen sedangkan pasangan Anies-Muhaimin dipilih oleh 22,7 persen responden.

Dalam pemaparannya, Direktur Eksekutif SPIN Igor Dirgantara mengemukakan, berdasarkan hasil survei ketiga elektabilitas capres tanpa pasangan menunjukan adanya fenomena yang menarik.

“Bila dibandingkan dengan survei per Oktober 2023 Prabowo mengalami kenaikan 0,4 persen dari 39,9 persen menjadi 40,3 persen. Secara mengejutkan, Ganjar mengalami penurunan tren 5,4 persen dari 31,1 persen menjadi 25,7 persen,” katanya melansir Suara.com (jaringan BantenNews.co.id), Senin (27/11/2023).

Sementara itu, Anies mengalami tren meningkat 0,8 persen dari 22,5 persen menjadi 21,7 persen.

Ia mengemukakan, pasangan Ganjar-Mahfud mengalami kondisi yang stagnan dan semakin tertinggal jauh. Bahkan posisinya justru berpotensi untuk disalip oleh pasangan Anies-Muhaimin yang dipilih oleh 22,7 persen atau hanya terpaut 3,4 persen.

Pemilu Dua Putaran

“Bila Pemilu berjalan dua putaran sangat mungkin yang akan bertarung nanti adalah pasangan Prabowo-Gibran vs Anies Muhaimin,” ujarnya.

Sementara itu dari kontribusi calon wakil presiden, Igor memaparkan kontribusi Gibran terhadap pasangan calon diduga mencapai 2,7 persen, atau terbesar bila dibandingkan dua cawapres pasangan calon lainnya.

“Mahfud untuk sementara hanya memberikan kontribusi 0,4 persen dan Muhaimin berkontribusi sebesar 0,2 persen saja terhadap elektabilitas pasangan calon.”

Igor memprediksi dengan hasil tersebut, potensi migrasi suara pemilih Jokowi 2019 lalu dari Ganjar-Mahfud akan terus terjadi ke Prabowo-Gibran.

“Terutama dari kantong-kantong suara PDIP yang jadi basis utama dukungan Ganjar. Ganjar tidak lagi dipersepsikan sebagai Jokowi karena ada Gibran,” ujarnya.

Untuk diektahui, survei tersebut digelar pada 1-10 November 2023 dengan melibatkan 2.178 responden yang dipilih secara acak di 38 provinsi.

Survei SPIN tersebut dilakukan dengan wawancara secara langsung dengan bantuan kuesioner. Adapun margin of error survei yakni +/- 2,1 persen. Tingkat kepercayaan survei tercatat 95 persen.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini