Beranda Politik Survei SMRC: Puan Maharani Belum Kompetitif sebagai Capres

Survei SMRC: Puan Maharani Belum Kompetitif sebagai Capres

Puan Maharani, Megawati Soekarnoputri, dan Prabowo Subianto [IG Puan]

JAKARTA – Berdasarkan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyatakan Puan Maharani belum kompetitif untuk maju sebagai calon presiden.

Melansir wartaekonomi–jaringan suara.com (Jaringan BantenNews.co.id), Pendiri SMRC, Prof. Saiful Mujani, tersebut menunjukkan bahwa dalam periode Maret 2021 sampai Agustus 2022 dengan format semi terbuka, pergerakan suara Puan tidak signifikan, dari 0,5 persen menjadi 1 persen.

Sementara jika dibandingkan dengan teman satu partainya, Ganjar Pranowo bergerak dari 8,8 persen menjadi 25,5 persen, Prabowo dari 20 persen menjadi 16,7 persen, dan Anies Baswedan dari 11,2 persen menjadi 14,4 persen.

Saiful menyatakan bahwa PDIP adalah partai terbesar dan kalau tidak ada kesalahan kebijakan dan langkah-langkah politik yang keliru, kemungkinan PDIP akan kembali menjadi partai nomor satu di 2024.

“Persaingan itu (Puan melawan Prabowo atau Anies) tidak fair karena gapnya terlalu jauh. Kalau Puan harus maju dan PDIP memiliki target untuk menang, maka tantangannya akan sangat berat,” kata Saiful.

Dalam simulasi tiga nama, survei SMRC Desember 2021 sampai Agustus 2022 menunjukkan pergerakan suara Puan dari 10,1 persen menjadi 7,8 persen. Sementara Prabowo Subianto dari 40 persen menjadi 40,2 persen, dan Anies dari 28,1 persen menjadi 27,5 persen.

“Kalau Ibu Puan dipaksakan (untuk maju) dengan kondisi seperti ini, harapan PDIP untuk memiliki presiden lagi menjadi susah,” kata Saiful.

Untuk diketahui, Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani namanya sempat digadang-gadang akan menjadi Calon Presiden dari partainya pada Pilpres 2024 mendatang. (Red)