Beranda Pilkada Serentak 2020 Survei Internal, Luhut: Jokowi Masih Lemah di Banten

Survei Internal, Luhut: Jokowi Masih Lemah di Banten

Presiden Joko Widodo - foto istimewa infopublik.id

SERANG – Dewan Pengarah Bravo 5, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pihaknya melakukan survei internal untuk melihat elektabilitas, isu-isu, dan kekuatan di daerah, terkait pasangan Jokowi-Ma’ruf.

Dia mengakui bahwa masih ada daerah-daerah lemah atau yang suaranya tak unggul. Salah satunya di Banten.

“Ada beberapa daerah yang masih rawan. Mungkin di Banten. Tapi Jawa Barat, kita margin of error. Yang lainnya kita menang mutlak,” kata Luhut usai memberikan pengarahan dalam Rakernas I Bravo 5, di Hotel Golden Boutique, Jakarta, Sabtu (8/12/2018) malam.





Saat ditegaskan kenapa suara Banten turun, padahal ada sosok Ma’ruf Amin, dia menegaskan, Ketua Majelis Ulama Indonesia itu belum berkampanye di sana. “Ya belum turun. Tapi nanti, begitu beliau turun, saya kira banyak pengaruhnya,” ungkap Luhut.

Dia pun enggan menjawab bahwa baru Jokowi saja yang sudah turun dan berkampanye. Dirinya hanya mengatakan Ma’ruf Amin belum turun.

“Ya kalau Pak Ma’ruf belum banyak turun. Ya kita harapkan ya,” katanya seperti dikutip dari merdeka.com.

Sebelumnya, beberapa lembaga survei dalam hasil penelitiannya terakhir menunjukkan suara pasangan calon Jokowi-Ma’ruf unggul. Meski demikian mengalami stagnasi. Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf, Erick Thohir mengatakan, hal ini lantaran Ma’ruf Amin belum bergerak alias berkampanye.

“Kan Abah (panggilan akrab Ma’ruf Amin) belum bergerak, belum kampanye. Kalau nanti Abah kampanye, wuih,” ucap Erick dalam acara Workshop Nasional TKN-TKD Jokowi-Ma’ruf.

Dia mengungkapkan, selama ini yang dilakukan pasangan Jokowi itu hanya bersilahturahmi. Serta menguatkan basis terlebih dahulu.

“Silahturahmi sama kampanye beda. Kalau udah datang ke pasar itu, baru. Ini baru check and balance,” jelas Erick. (Red)