Beranda Uncategorized Survei Baru, Elektabilitas Jokowi Nyalip Prabowo di Banten

Survei Baru, Elektabilitas Jokowi Nyalip Prabowo di Banten

Capres-Cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin - foto istimewa viva.co.id

SERANG – Capres-Cawapres nomor urut 01, Joko Widodo dan Ma’ruf Amin, diprediksi telah mengungguli pesaingnya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Banten.

Elektabilitas Jokowi-Ma’ruf mencapai 36,31 persen, sedangkan Prabowo-Sandi 34,63 persen.

Direktur Eksekutif Media Survei Indonesia (MSI) Asep Rohmatullah menjelaskan terjadi perubahan konstelasi politik yang cukup signifikan di Banten. Prabowo yang pada Pilpres 2014 menguasai Banten, kini elektabilitasnya berhasil disalip Jokowi-Ma’ruf.

“Untuk pertama kalinya, Jokowi sudah mengungguli Prabowo menurut survei kami, meski angka yang belum memutuskan memilih, merahasiakan pilihan, dan belum menjawab mencapai 29,07 persen,” papar Asep di Jakarta, Kamis (13/12/2018) dikutip dari medcom.id.

Jokowi diprediksi unggul di beberapa kabupaten dan kota di Banten, seperti Kabupaten Lebak, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan. Sementara itu, Prabowo unggul di Kota Tangerang, Kabupaten Pandeglang, Kota Cilegon, dan Kota Serang.

Keunggulan Jokowi ini dinilai akibat meningkatnya persepsi positif terhadap pasangan Jokowi-Ma’rufyang dianggap sebagai jujur, mampu menciptakan ketertiban dan keamanan, perhatian kepada rakyat, berpengalaman, dan berasal dari tokoh agama. Sementara itu, nilai positif dari Prabowo-Sandi hanya dalam masalah ekonomi, mampu berantas korupsi, dan berwibawa.

Survei MSI ini dilakukan dalam rentang waktu 5-14 November 2018 dengan melibatkan 800 responden. Metode yang digunakan yakni multistage random sampling dan margin of error sebesar 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Kendati demikian, Asep menilai keunggulan Jokowi atas Prabowo bersifat dinamis. Terlebih, keunggulan itu masih dalam rentang margin of error.

Asep memperkirakan pertarungan kedua pasangan calon masih sangat ketat di ‘Tanah Jawara’ itu. Keduanya masih terbuka peluang menguasai Banten. Pasalnya, waktu masih cukup lamadan kerja politik tim kampanye terus berjalan dalam empat bulan ke depan.

Dalam survei MSI juga ditemukan masih banyak masyarakat yang belum mengetahui pemilihan legislatif serentak dengan pemilihan presiden. Sebesar 26,7 persen masyarakat di Banten mengaku belum tahu informasi pemilu dilakukan serentak. Sementara itu, masyarakat yang tahu ada lima kertas suara yang akan digunakan dalam Pemilu 2019 sebesar 61,9 persen.

Pengamat politik dari kantor Lembaga Survei Politik Indonesia Budiyana tak heran kalau Jokowi berhasil menyalip Prabowo di Banten. Itu karena gerakan kampanye seluruh relawan Jokowi-Ma’ruf terlihat masif.

“Saat yang sama ada tumbuh kesadaran di masyarakat Banten untuk menyukseskan orang Banten jadi pimpinan nasional. Kiai Ma’ruf adalah ulama asal Banten,” ujar dia. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini