Beranda Gaya Hidup Supaya Karir Cemerlang Kamu Bisa Menerapkan 5 Langkah Ini

Supaya Karir Cemerlang Kamu Bisa Menerapkan 5 Langkah Ini

Ilustrasi - foto istimewa Rimma.co

Salah satu tujuan utama dari bekerja adalah untuk mendapatkan penghasilan. Penghasilan yang kita gunakan untuk membiayai kehidupan sehari-hari hingga membeli barang-barang yang kita inginkan dan butuhkan.

Tapi, ada satu hal penting lain yang sering terlupakan selain kebahagiaan materi, yaitu kebahagiaan akan pencapaian dalam karir. Sudahkah kamu mengukur performa karirmu sejauh ini? Apakah mengalami kemajuan atau justru berada di tempat yang sama? Untuk kamu yang ingin mendapatkan karir yang cemerlang, ada 5 langkah yang perlu kamu lakukan untuk mewujudkannya.

1. Menuliskan Sasaranmu Secara Spesifik

Berdasarkan hasil studi, salah satunya yang dilakukan pada lulusan Harvard Business School, didapatkan hasil bahwa mereka yang menuliskan secara detail sasaran masa depannya, lebih sukses dibandingkan mereka yang hanya ‘mengikuti arus’. So,tuliskanlah terlebih dahulu sasaran karirmu dan jenjang karir yang harus kamu lalui. Entah itu menjadi Business Development Manager, Pembawa Berita, atau mungkin Editor in Chief.

2. Membiasakan Diri dengan Peran Leadership

Leadership skill merupakan salah satu keahlian yang perlu dipelajari setiap orang, tak memandang profesi yang dijalani. Dan hal yang perlu kamu ketahui, semakin tinggi jabatan, maka semakin kuat juga peran kepemimpinan yang harus dimiliki. Untuk membiasakannya, Bisa dimulai dari memberikan ide atau gagasan saat meeting, hingga menawarkan diri untuk menjadi penanggung jawab event kantor.

3. Membangun Personal Branding yang Kuat

Personal branding ataupun pencitraan yang kuat merupakan hal yang penting. Saat ini banyak perusahaan yang mencari tahu dan mempertimbangkan personalitykaryawannya dengan mengecek juga di dunia maya. Untuk jejaring professional seperti LinkedIn, kamu bisa memasukkan portfolio pekerjaan, projek, kompetisi, hingga kegiatan volunteer yang pernah kamu ikuti. Semakin banyak pengalaman dan prestasimu, maka akan membuat personal brandingmu semakin outstanding.

4. Mencari Tahu Lebih Dulu Arti Work-Life Balance

Mungkin kamu sudah sering mendengar bahwa kita perlu menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Tapi, tahukah kamu kalau makna work-life balance untuk setiap orang bisa berbeda? Untuk itu, cari tahu lebih dulu ‘keseimbangan’ versimu. Apakah pekerjaan dan kantor yang memiliki jam kerja fleksibel? Apakah yang memiliki kebijakan work from home? Apakah yang menekankan prioritas projek? Mengetahui hal-hal ini bukan hanya membuatmu lebih bahagia, tapi juga menjadi lebih produktif.

5. Mencari Kesempatan untuk Memperdalam dan Mempelajari Skill Baru

Selama kita hidup, kita akan terus belajar. Asahlah terus kemampuanmu dalam mempelajari skill baru yang berhubungan dengan bidang pekerjaan yang kamu jalani untuk menaikkan levelmu. Hal ini bisa dilakukan dengan mengikuti training, workshop singkat, ataupun juga melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi. (Red)

Sumber : Rimma.co

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini