Beranda Bisnis Supaya Berdaya Saing, Produk UMKM di Banten Diminta Tingkatkan Kualitas

Supaya Berdaya Saing, Produk UMKM di Banten Diminta Tingkatkan Kualitas

Sekertaris Gerakan Nusantara Berdaya (GNB) Banten, Agus Munandar

SERANG – Sekertaris Gerakan Nusantara Berdaya (GNB) Banten, Agus Munandar berharap pada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah(UMKM) di Banten untuk meningkatkan kulitas produk lokal. Sehingga produk mereka mampu bersaing dengan para pelaku industri besar.

Ia menjelaskan bahwa banyak produk pelaku UMKM di Kota Serang belum terorganisir secara optimal. Kebanyakan mereka kesulitan memasarkan dan mengemas produknya. Sehingga kualitas produksi mereka tidak mampu bersaing dengan produk industri besar.

“Makanya kami rutin mentoring dan edukasi mereka, sehingga kualitas produksi mereka mampu bersaing dengan industri besar,” ujarnya usai pelantikan pengurus GNB Banten di Aula Gedung BI Banten, Kota Serang, Senin (16/12/2019).

Menurutnya, selain meningkatkan kualitas produknya. Ia berharap para pelaku UMKM mampu melakukan inovasi terhadap produk lokal di kota/kabupaten Provinsi Banten. Saat ini pihaknya tengah fokus membina para pelaku UMKM di bidamg kuliner.

“Saat ini kuliner produk khas Banten belum terpublikasi dengan baik. Untuk itu melalui GNB ini, para pelaku UMKM mampu meningkatkan kualitas produk lokalnya bersaing dan mempunyai nilai jual yang tinggi,” ucapnya.

Ia juga berharap pemerintah daerah bisa membangun suatu gedung UMKM yang mencirikan khas produksi lokal Banten. Sehingga dengan gedung tersebut, karya kreatifitas para pelaku UMKM di Banten dapat dinikmati wisatawan. Sehingga produknya lebih populer.

“Pemerintah diharapkan dapat membuka galeri dengan halaman yang luas sehingga karya anak bangsa dapat terpublikasi,” ujarnya.

Sebagai informasi, selain melakukan pelantikan pengurus, GNB Banten juga menggelar seminar bisnis yang diikuti ratusan UMKM dari berbagai kota dan kabupaten di Provinsi Banten.

(Dhe/Red)