Beranda Peristiwa Sungai Cikeyeup Meluap, Puluhan Rumah di Cimarga Terendam Banjir

Sungai Cikeyeup Meluap, Puluhan Rumah di Cimarga Terendam Banjir

Akibat luapan Sungai Cikeyeup, mengakibatkan banjir dan merendam puluhan rumah di Desa Gununganten, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, Banten - foto istimewa

LEBAK – Akibat luapan Sungai Cikeyeup, mengakibatkan banjir dan merendam puluhan rumah di Desa Gununganten, Kecamatan Cimarga, Kabupaten Lebak, Banten, Selasa (3/1/2023).

Informasi yang didapat, banjir yang merendam puluhan rumah di 3 kampung yang berada di Desa Gununganten tersebut ketinggiannya mencapai 3 meter.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Lebak, Febby Rizky Pratama mengatakan banjir yang melanda di Desa Gununganten tersebut merendam puluhan rumah di tiga kampung.

“Ketiga kampung yang banjir karena luapan dari Sungai Cikeyeup tersebut yakni, Kampung Gununganten, Sinar Asih dan Kampung Cikeyeup,” kata Febby saat dihubungi, Selasa (3/1/2023).

Ia mengungkapkan, Sungai Cikeyeup meluap karena intensitas hujan yang cukup tinggi yang terjadi semalaman.

“Ya karena hujan terus-menerus sehingga Sungai Cikeyeup meluap dan merendam puluhan rumah di Desa Gununganten. Saat ini relawan BPBD sudah berada di lokasi untuk meninjau dan membantu warga,” ujarnya.

Febby pun mengimbau kepada warga yang berada di sekitar bantaran sungai agar selalu waspada saat turun hujan, karena saat ini hujan tidak bisa diprediksi kapan datang.

“Tetap waspada dan selalu berhati-hati, jika terjadi banjir sebaiknya mengungsi, ke tempat kerabat yang lebih aman,” ucapnya,” ucapnya.

Sementara itu, Hasnah warga Gununganten mengatakan, jika rumahnya ikut terendam banjir akibat luapan dari Sungai Cikeyeup.

“Dulu juga pernah kebanjiran, tapi gak separah kali ini. Untuk saat ini saya beserta keluarga mengungsi kerumah saudara,” katanya.

Perlu diketahui, dari data sementara yang didapat dari BPBD Lebak, dari 3 kampung yang berada di Desa Gununganten ada sekitar 70 rumah warga yang terendam banjir. (San/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ