Beranda Peristiwa Sungai Cijoro Lebak Diduga Tercemar Limbah Oli

Sungai Cijoro Lebak Diduga Tercemar Limbah Oli

Sungai Cijoro yang terkontaminasi limbah oli.

LEBAK – Sungai Cijoro yang berlokasi di Desa Rangkasbitung Timur, Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten, diduga tercemar limbah oli yang dibuang oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Dadan, salah seorang warga Rangkasbitung mengatakan, jika dirinya bersama warga lainnya melihat bahwa air di Sungai Cijoro berwarna hitam seperti oli.

“Diduga itu limbah oli, karena memang warnanya hitam pekat. Limbah yang berada di sungai tersebut juga lumayan cukup banyak diduga sengaja dibuang oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” kata Dadan saat dihubungi, Sabtu (10/2/2024).

Ia mengungkapkan, terkait dengan asal limbah yang berada di Sungai Cijoro belum diketahui. Namun diduga merupakan limbah oli yang efekmya sangat berbahaya bagi lahan pertanian.

“Jadi sangat berbahaya berefek panjang buat lahan pertanian, dan air yang berada di Sungai Cijoro juga sering digunakan untuk mengairi sawah warga,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lebak, Iwan Sutikno menyampaikan akan segera menindaklanjuti dugaan oknum yang sengaja membuang limbah beracun ke sungai Cijoro.

“Siap, staf kami sudah mendatangi ke lokasi Sungai Cijoro yang terdapat limbah, dan sudah mengambil sampel air tersebut,” ucap Iwan singkat saat dihubungi.

Untuk diketahui Sungai Cijoro merupakan salah satu pengairan bagi lahan pertanian dan peternakan bagi warga di Desa Rangkasbitung. Keberadaan limbah tersebut bisa merusak lahan pertanian, peternakan dan ekosistem alam. (San/Red).

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News