Beranda Politik Sukseskan Pemilu 2024, Masyarakat Sipil Harus Proaktif Kawal Pemilu

Sukseskan Pemilu 2024, Masyarakat Sipil Harus Proaktif Kawal Pemilu

Webinar kawal pemilu. (IST)

LEBAK– Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Nasional KAHMI Manimbang Kahariady mengajak kepada semua elemen masyarakat sipil untuk proaktif dalam mengawal pesta demokrasi lima tahunan tersebut. Menurutnya, peran dari masyarakat sipil cukup strategis dalam menciptakan pemilu yang berkualitas. Hal itu ia tegaskan saat webinar bersama masyarakat sipil di Kabupaten Lebak.

Adapun tema Webinar tersebut, yakni Pemilu 2024: Kesiapan Penyelenggara dan Peranan Masyarakat Sipil. Hadir sebagai narasumber Manimbang Kahariady, Anggota KPU RI Betty Epsilon Idroos serta Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja. Dan juga hadir pengagas Sekolah Pemilu MD KAHMI Lebak yang juga anggota KPU Banten Agus Sutisna dan Anggota Bawaslu Banten Ali Faisal.

Manimbang Kahariady mengatakan, jika Pemilu serentak tahun 2024 nanti dapat melahirkan wakil rakyat dan pemimpin yang berintegritas. Terpenting, bisa memberikan kontribusi terhadap kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakat.

“Saya kira bangunan demokrasi tidak akan berdiri kokoh dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas tanpa peranan dan partisipasi masyarakat sipil,” kata Manimbang Kahariady saat menjadi narasumber Webinar Penutupan Sekolah Pemilu Angkatan II Majelis Daerah (MD) KAHMI Lebak.

Ia menjelaskan, bahwa dirinya optimis kedepannya konstruksi demokrasi di Indonesia akan lebih kuat. Karena itu, dirinya meminta kepada penyelenggara pemilu untuk mempersiapkan tahapan Pemilu Serentak 2024 dengan sebaik-baiknya. Sehingga pesta demokrasi dapat berjalan dengan baik dan lancar.

“Partisipasi masyarakat dalam pemilu akan memperkuat legitimasi wakil rakyat dan pemimpin yang terpilih. Untuk itu, mari kita kawal bersama agar pemilu berjalan dengan baik,” ujarnya.

Ditempat yang sama, anggota KPU RI Betty Epsilon Idroos menyatakan, KPU bersama Bawaslu dan pemerintah siap menyelenggarakan Pemilu 2024. Sesuai dengan jadwal yang telah disusun, pelaksanaan pemungutan suara Pemilu Serentak akan digelar pada 14 Februari, sedangkan Pilkada Serentak pada 27 November.

“Sesuai dengan jadwal yang telah dirilis, Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 akan dilaksanakan pada hari Rabu,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja mengungkap Pemilu 2024 akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang yang telah ditetapkan. Bawaslu sendiri sudah siap menyukseskan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Ditanya terkait rekrutmen anggota Bawaslu yang akan dilaksanakan ketika tahapan pemilu sudah dilakukan, Rahmat Bagja memastikan, hal itu tidak akan mengganggu penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Tentu nggak akan mengganggu tahapan dan pelaksanaan Pemilu 2024,” katanya. (san/Red)