Beranda Bisnis Sukseskan KEK Tanjung Lesung, Jalan Tol Serang-Panimbang Digenjot

Sukseskan KEK Tanjung Lesung, Jalan Tol Serang-Panimbang Digenjot

Ilustrasi Pembangunan Jalan Tol - foto istimewa Bisnis.com

SERANG – Guna menyukseskan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, pemerintah terus menggenjot pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang.

“Dulu waktu pak presiden ke sini, saya hanya minta satu saja yaitu jalan tol Serang-Panimbang. Seingat saya dulu 83 koma sekian kilometer tapi ternyata terakhir 84 kilometer, dan saat itu juga diputuskan dibangun tol Serang-Panimbang,” ungkap Menteri Pariwisata (Menpar) RI, Arief Yahya, dikutip dari induatry.co.id, Sabtu (6/10/2018).

Mengenai jaminan, Menpar menyampaikan, akan dikeluarkan dari Penjamin Infrastruktur Indonesia (PII) bahwa tol tersebut akan jadi.

“Jadi kalau ada yang bertanya bagaimana tolnya? Nanti pemerintah akan mengeluarkan jaminan, presiden sendiri yang berjanji tol itu akan jadi,” kata Menpar.

Pembangunan jalan tol Serang—Panimbang dibagi menjadi tiga seksi yakni seksi 1 (Serang—Rangkas Bitung) sepanjang 26,50 kilometer, seksi 2 (Rangkas Bitung—Bojong) sepanjang 33 kilometer, dan seksi 3 (Bojong—Panimbang) dengan panjang 24,40 kilometer.

Dalam proyek yang dibangun dengan skema KPBU tersebut, pemerintah hanya akan mengerjakan seksi 2 sepanjang 33 km, sedangkan 50,67 km sisanya dikerjakan oleh PT Wijaya Karya Serang Panimbang.

Jadwal konstruksi bagian badan usaha jalan tol (BUJT) memang ditargetkan rampung pada September 2019 dan ditargetkan sudah dapat beroperasi pada tahun yang sama.

Nilai investasi proyek yang dikerjakan oleh PT Wijaya Karya Serang Panimbang adalah Rp5,30 triliun, sedangkan yang dikerjakan pemerintah mencapai Rp2,04 triliun. (Red)