Beranda Komunitas Sukses Dihelat, Kontes Louhan Banten di Cilegon Diserbu Peserta Luar Daerah

Sukses Dihelat, Kontes Louhan Banten di Cilegon Diserbu Peserta Luar Daerah

Ratu Ati Marliati didampingi Ketua Panitia Kontes Louhan Banten, Agus Ahmad menyaksikan ikan-ikan Louhan koleksi peserta. (Foto : Gilang)

CILEGON – Kontes Louhan Banten yang dihelat di Asa Sport Center pada puncak acaranya, Sabtu (16/11/2019) berjalan sukses dan bahkan di luar dugaan. Ikan unik dengan benjolan (jenong) di kepala yang sempat membooming di seantero tanah air pada kisaran tahun 2004 tersebut belakangan diketahui masih banyak pengagumnya.

Betapa tidak, event yang memperebutkan trofi, piagam dan uang pembinaan puluhan juta tersebut ternyata dibanjiri pengunjung dan pesertanya. Tak tanggung-tanggung, bukan hanya dari Banten, peserta bahkan berdatangan dari luar pulau Jawa.

“Total ada sekitar 152 peserta. Ada yang dari Jakarta, Bogor, Depok, Sukabumi, Cirebon, Semarang, bahkan ada juga yang dari Lampung, Kepulauan Riau dan Bali. Selain dari kita sendiri seperti asal Cilegon, Pandeglang dan Serang,” ungkap Agus Ahmad, Ketua Panitia Kontes Louhan Banten.

Pria yang juga diketahui sebagai Ketua Cilegon Louhan Club (CLC), komunitas pencinta ikan hias tersebut menerangkan bahwa tujuan lain dari penyelenggaraan event yang memperlombakan 9 kelas tersebut yakni untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas yang belum mengenal baik ikan berbanderol menggiurkan itu.

“Kami ingin memperkenalkan kepada masyarakat tentang ikan Louhan di Cilegon, salah satu spesies ikan hias yang tetap bernilai jual tinggi dan masih ramai pecintanya. Saya secara pribadi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah mendukung terselenggaranya acara ini,” ucapnya.

Sementara Wakil Walikota Cilegon, Ratu Ati Marliati yang hadir dalam kesempatan itu mengapresiasi animo yang besar dari seluruh peserta dan berharap agar event serupa dapat terus berlangsung secara berkesinambungan.

“Ini adalah ajang komunikasi dari komunitas, selain kita berkumpul dengan sesama penghobi ikan hias. Kalau hobi ini dikembangkan secara baik, tentu akan banyak sekali manfaatnya. Termasuk pada perekonomian daerah yang tidak melulu kita bicara dari perdagangan dan jasa semata. Karena, semakin banyak pecintanya, tentu ini akan menciptakan peluang usaha yang baik,” katanya. (dev/red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ