Beranda Kesehatan Suka Tidur dengan Bantal Lebih Tinggi? Awas Bahaya Terserang Penyakit Jantung

Suka Tidur dengan Bantal Lebih Tinggi? Awas Bahaya Terserang Penyakit Jantung

Ilustrasi - foto istimewa popular-world.com

Seseorang kerap membiarkan gejala awal sakit jantung dan baru panik ketika sudah cukup parah.

Spesialis jantung RS Siloam Karawaci dr Vito A Damay, SpJP(K), menjelaskan gejala umum sakit jantung. Berikut seperti dilansir detik.com.

1. Sakit Dada dan Sakit Napas

Jantung berkaitan dengan fungsinya sebagai pompa darah. Sakit dada dan sesak napas merupakan gejala utama yang muncul saat pasien sedang beraktivitas. Ketika beraktivitas, pasien yang sakit jantung akan memompa darah lebih berat ketimbang saat diam saja.

Tapi tak semua sakit dada dan sesak napas merupakan gejala sakit jantung.

“Berhubungan dengan aktivitas. Kalau melakukan aktivitas, sakit tambah berat, kalau diam istirahat malah mereda. Kalau sakit itu rasanya seperti diremas dadanya, seperti ditindih, sampai rahang ngerasa kaku. Tangan kirinya umumnya kebas,” kata dr Vito.

2. Keringat Dingin dan Mata Gelap

Keringat dingin dan mata gelap dapat menjadi gejala penyakit jantung. Namun, keduanya hanya merupakan keluhan yang menyertai gejala utamanya yaitu sesak napas dan sakit dada.

“Kadang-kadang enggak ngerasa berdebar tapi mau pingsan,” ujar dr Vito.

3. Tidur dengan Posisi Bantal Lebih Tinggi

Orang dengan penyakit jantung bisa ditandai dengan kebiasaan tidur menggunakan bantal yang diposisikan lebih tinggi dari biasanya. Sebab jika tidur terlentang, napasnya akan jadi lebih sesak.

“Kalau sudah begitu, hati-hati biasanya masalah jantung. Gejala awalnya kalau jalan dia cepet capek dan ngos-ngosan. Kita bisa jadikan orang lain seusia kita sebagai patokan dan liat kalau orang seusia sama capek atau enggak,” pungkas dr Vito.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini