Beranda Gaya Hidup Suka Makan Ikan Dori? Ini 4 Manfaatnya

Suka Makan Ikan Dori? Ini 4 Manfaatnya

Ilustrasi - foto istimewa suara.com

Ikan dori merupakan salah satu jenis ikan yang menjadi primadona. Selain rasanya yang lezat dan memiliki tekstur empuk, ikan dori dapat diolah menjadi beberapa jenis hidangan yaitu ikan dori tepung asam manis, dori krispi ataupun steak dori.

Mengonsumsi ikan satu atau dua kali per minggu dianggap cukup untuk merasakan manfaatnya. Ikan dori memiliki banyak zat gizi dan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh. Seporsi ikan dori atau sekitar 100 gram mengandung protein sebanyak 17 gram, 31 miligram kalsium, 173 miligram fosfor, dan 1,6 miligram zat besi.

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang didapat dari mengkonsumsi ikan dori :

1. Kaya Nutrisi Penting

Ikan dori mengandung vitamin D yang larut dalam lemak. Asam lemak Omega-3 yang didapat dari ikan dori sangat penting untuk mengoptimalkan fungsi tubuh dan otak. Selain itu, ikan dori memiliki protein dengan kualitas tinggi, yodium, berbagai vitamin serta mineral.

2. Menurunkan Kolesterol Tinggi

Kandungan vitamin B3 dan niasin di tubuh ikan dori terbilang cukup tinggi dibandingkan jenis vitamin B lainnya. Niasin dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dengan meningkatkan kadar high density lipoprotein (HDL), yang juga dikenal sebagai kolesterol baik. 

Sedangkan vitamin B bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem saraf, sistem pencernaan, dan kesehatan kulit.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Ikan dori rupanya punya manfaat untuk meningkatkan kesehatan tulang. Hal itu dikarenakan kandungan fosfor dan kalsium di dalamnya merupakan komponen penting dalam pembentukan tulang dan gigi.

Sama halnya seperti kalsium yang mendukung kekuatan dan pertumbuhan tulang.

4. Turunkan Risiko Stroke dan Serangan Jantung

Kandungan asam lemak Omega-3 yang tinggi pada ikan dori ternyata dapat bermanfaat untuk menyehatkan jantung.

Itu tadi adalah hal yang perlu diketahui tentang manfaat ikan dori. Pastikan setiap makan, isi piring memiliki nutrisi dan gizi yang seimbang agar manfaat kesehatannya lebih bisa dirasakan maksimal. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini