Beranda Gaya Hidup Sudah Tak Puasa Tapi Kenapa Lidah Masih Terasa Pahit, Ini Mungkin Penyebabnya

Sudah Tak Puasa Tapi Kenapa Lidah Masih Terasa Pahit, Ini Mungkin Penyebabnya

135
0
Ilustrasi - foto istimewa doktersehat.com

Ketika berpuasa, berbagai macam keluhan akan menyerang tubuh. Seperti keluhan lidah terasa pahit pun juga banyak dirasakan bagi mereka yang sedang berpuasa. Kondisi tersebut tentu membuat tidak nyaman, bahkan bisa mengurangi selera makan saat berbuka.

Namun, selepas puasa seharusnya keluhan ini mulai menghilang sebab pola makan sudah normal kembali. Tapi tidak sedikit yang masih merasakan pahit pada lidah, walaupun sudah berhenti puasa. Kira-kira apa yang menyebabkan hal itu terjadi? Apakah ada indikasi masalah kesehatan?

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penyebab lidah masih terasa pahit walau sudah tak puasa: berikut seperti dilansir doktersehat.com.

1. Terdapat Bakteri

Lidah terasa pahit walau sudah tak puasa bisa dikarenakan bakteri yang masih menempel. Sebab, saat berpuasa, Anda tidak mengonsumsi makanan seharian penuh, maka enzim di dalam air liur akan menebalkan tempat bakteri untuk bersarang. Seperti diketahui, bakteri sangat menyukai tempat lembap seperti rongga mulut. Namun, keluhan ini akan hilang dengan sendirinya selang beberapa hari, jika Anda rutin menggosok gigi.

2. Kembali Merokok

Seperti yang Anda tahu bahwa merokok merupakan kebiasaan buruk yang harus ditinggalkan. Sebab, merokok bisa menimbulkan masalah kesehatan dan bisa mengancam nyawa. Bulan puasa merupakan momen yang tepat bagi Anda yang memiliki keinginan untuk berhenti merokok secara perlahan-lahan. Sayangnya, selepas puasa, bukannya terbiasa untuk tidak merokok, justru balas dendam dengan merokok lebih banyak. Alhasil, kebiasaan itu akan berimbas pada keasaam mulut sehingga rasa pahit akan semakin terasa.

3. Kurang Asupan Cairan

Kekurangan asupan cairan tidak hanya bisa membuat tubuh mengalami dehidrasi, melainkan juga bisa mengakibatkan mulut terasa pahit. Rasa pahit pada lidah tersebut diakibatkan oleh berkurangnya produksi air liur yang diakibatkan oleh kurangnya cairan di dalam tubuh. Akibatnya, jumlah oksigen di dalam mulut juga menurun sehingga memicu pertumuhan bakteri anaerob yang  bisa menyebabkan mulut bau dan terasa pahit di lidah. Untuk itu, perbanyaklah mengonsumsi air putih agar rasa pahit tersebut hilang secara perlahan. (Red)