Beranda Pemerintahan Sudah Tak Ada Penolakan, 400 Ton Sampah Tangsel Siap Dikirim ke Kota...

Sudah Tak Ada Penolakan, 400 Ton Sampah Tangsel Siap Dikirim ke Kota Serang

Benyamin Davnie

TANGSEL – Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipeucang, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) kini tidak bisa menampung lebih banyak sampah lagi (over load) dikarenakan lahan yang minim.

Hal itu membuat pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel memutar otak bakal dibuang kemana sampah-sampah tersebut. Diketahui, jumlah produksi sampah di Tangsel per hari mencapai 800 ton.

Akhirnya, Pemkot Tangsel memutuskan untuk bekerja sama dengan Pemkot Serang untuk dalam jangka waktu yang sudah ditentukan membuang sampah ke TPA Cilowong Serang.

Namun begitu, langkah tersebut tidak semudah membalikkan telapak tangan. Pasalnya, sampah yang dibuang tersebut bakal menimbulkan dampak bau tak sedap bagi warga sekitar TPA Cilowong.

Problem penolakan warga pun muncul seketika mencuat. Beberapa waktu lalu, warga Kampung Pasir Gadung sebagai kampung paling terdekat dengan TPA Cilowong menolak rencana Pemkot Serang menampung sampah dari Tangsel. Penolakan disampaikan dalam audiensi warga bersama Pemkot.

Terkait hal itu, Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie mengaku sudah menyelesaikan masalah penolakan tersebut. Menurut dia, penyelesaian dilakukan oleh Pemkot Serang.

“Alhamdulilah sudah selesai, sudah diselesaikan oleh Pemkot Serang. Musyawarahnya sudah diselesaikan, jadi alhamdulilah sampai dengan hari ini informasi yang kami terima masyarakat di sekitar TPS Cilowong tadi sudah menyetujui,” terang Benyamin di DPRD Tangsel, Senin (8/3/2021).

Dilanjutkan Ben, untuk retribusinya Rp175 ribu per ton. Hal itu sesuai Peraturan Daerah Kota Serang. Sementara jumlah yang dibuang ke Serang adalah 400 ton.

“Sisa yang 400 ton sudah ditangani secara swadaya. Dalam klaster-klaster kan sudah ditangani oleh pengembang. Kemudian ada yang dikelola di TPS3R, ada yang dikelola di bank sampah. Jadi relatif ini merupakan sampah yang tidak dapat ditangani oleh TPA Cipeucang,” ujar Ben.

Hari ini, papar Ben, pihaknya sudah mendapat persetujuan dari DPRD Kota Tangsel untuk melanjutkan kerja sama pembuangan sampah dengan TPA Ciliwong.

“Setelah persetujuan ini akan ditindaklanjuti nanti secara teknis oleh DLH Tangsel untuk menandatangani perjanjian kerja sama bareng-bareng keduanya, tapi mau dibahas dulu teknis-teknisnya seperti itu, kelanjutannya seperti itu. Baru nanti setelah itu teknis pembuangan dan lain sebagainya,” pungkasnya.

(Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini