Beranda Akademi Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi

Strategi Pemasaran UMKM di Masa Pandemi

Agni Regina Pitaloka, Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang

Oleh : Agni Regina Pitaloka, Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang

Pandemi Covid-19 yang menimpa masyarakat kita saat ini berdampak pada berbagai sektor kehidupan. Salah satunya adalah sektor ekonomi.

Pada kondisi pandemi Covid-19 ini, pemilik usaha harus tetap memutar otak untuk memastikan keuangan usahanya tetap sehat dan bisa bertahan dimasa sulit ini. Oleh karena itu di masa pandemi ini pelaku usaha dituntut untuk mengoptimalkan pemasaran online dan digital marketing sebagai sarana komunikasi dengan target konsumen.

Untuk dapat meningkatkan penjualan maka sebaiknya pemasaran dapat menerapkan program periklanan yaitu internet dengan pemasaran online.

Dengan menerapkan program ini diharapkan dapat membantu UMKM mendapatkan keuntungan lebih.

Karena manfaat pemasaran online sangat berpengaruh besar terhadap penjualan. Pemasaran online terbukti sudah memberikan banyak manfaat bagi para penjual online, misalnya membantu untuk melakukan riset pasar sendiri.

Namun penggabungan antara pemasaran online dan offline adalah cara yang sangat baik. Akan tetapi manfaat pemasaran online tersebut bisa membantu untuk menciptakan strategi pemasaran secara tepat, bahkan dapat lebih sukses dari pemasaran offline.

Kemajuan teknologi informasi yang semakin global menyebabkan terjadinya perubahan prilaku konsumen dalam membeli produk. Orang-orang lebih memilih untuk belanja online melalui handphone diaplikasi belanja online daripada harus langsung mendatangi tempat perbelanjaan, tidak hanya belanja keperluan dapur atau kebutuhan pokok lainnya tapi untuk membeli makanan atau minuman yang siap saji juga saat ini orang-orang lebih memilih membeli secara online, karena selain caranya mudah, menghemat tenaga juga bisa diakses dimana saja dan kapan saja.

Selain dengan pemasaran online, strategi pemasaran yang dapat dilakukan UMKM di masa pandemi ini yaitu dengan cara promosi, faktor pendukung dalam berwirausaha di sektor ekonomi kreatif pada masa pandemic Covid-19 agar berjalan secara efektif dan efesien di antaranya adalah konsep promotion, yaitu dengan cara menawarkan produk atau jasa yang bertujuan untuk menarik konsumen agar mau membeli atau mengonsumsi barang atau jasa yang ditawarkan.

Ada banyak sekali jenis dan cara orang melakukan promosi, beda produk atau jasa beda pula cara dan media promosinya di antaranya yaitu :

Promosi secara fisik

Promosi ini dapat diadakan di lingkungan fisik yang biasanya dilakukan pada acara-acara tertentu atau event-event khusus yang diadakan di suatu tempat seperti pameran, bazar, festival, konser dan semacamnya.

Tapi pada masa pandemi ini, sebisa mungkin hindari promosi secara fisik atau kalau memang harus dilakukan, pastikan proses promosi berlangsung dengan menaati protokol kesehatan, seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Promosi melalui media tradisional

Yang dimaksud jenis promosi melalui media tradisional adalah via media cetak seperti koran, majalah, tabloid dan sejenisnya.

Promosi melalui sosial media

Jenis promosi melalui media digital mencakup media internet dan sosial media atau jejaring sosial. Ini adalah cara modern cara berpromosi karena memungkinkan orang melihat produk atau jasa yang dipromosikan melalui teknologi terkini seperti ponsel atau laptop.

(***)